6 Desember 2017 07:14 WIB

Berkas Dinyatakan Lengkap, MAKI Sebut Novanto Kehilangan Sasaran Tembak

Dengan P21, KPK bisa melimpahkan perkara ke pengadilan Tipikor tanpa menunggu praperadilan Novanto Setya Novanto usai diperiksa KPK. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COMKoordinator MAKI, Boyamin Bin Saiman, mengungkapkan bahwa KPK telah melakukan proses tahap kedua, yakni penyerahan tersangka dan barang bukti kepada Jaksa Penuntut Umum di lembaga antirasuah tersebut.

Beberapa Politikus Golkar Tak Diizinkan Penyidik KPK Jenguk Setya Novanto

"Dengan sebelumnya berkas dinyatakan lengkap (P21) dan dilanjutkan tahap kedua, maka tanggung jawab dan wewenang berpindah dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum," katanya di Jakarta pada hari Selasa (5/12) malam.

"Novanto, jika tetap uji Praperadilan, maka harus mengubah obyek dan subyek sehingga harus mencabut Praperadilan yang lama dan kemudian mendaftarkan Praperadilan yang baru dengan obyek, penuntutan dan subyeknya, JPU," lanjutnya.


Penggantian Setya Novanto, Kahar: Kalau Calonnya Satu, Tinggal Ketok Palu

Lebih jauh, ia juga mengatakan bahwa jika sudah P21 dan tahap kedua maka akan sulit untuk diuji melalui Praperadilan karena hal ini belum diatur dalam KUHAP maupun putusan Mahkamah Konstitusi.

"Dengan P21 dan tahap kedua, akan memudahkan KPK untuk segera melimpahkan ke Pengadilan Tipikor tanpa harus terganggu upaya Praperadilan yang diajukan Novanto," jelasnya.

Selain itu, Boyamin mengakui bahwa praperadilan tahap kedua Novanto menjadi kehilangan sasaran tembak, maka harus dicabut terlebih dahulu.

"Istilahnya, harus beli senjata baru dan diisi peluru baru," tandasnya.

Dipaksa Penuhi Jadwal 'Dadakan' KPK, Pengacara Setya Novanto Protes

Penulis : Ratna Wilandari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi