Jitunews.Com
26 Oktober 2017 22:30 WIB

Surga Tersembunyi di Gunung Rinjani, Puaskan Wisatawan

Salah satu tempat wisata yang memiliki destinasi menarik adalah Gunung Rinjani yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gunung Rinjani (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Banyak tempat wisata ditemukan di Indonesia, dimana setiap tempat wisata itu rata-rata mempunyai daya tarik tersendiri yang membuat orang ingin mendatanginya. Salah satu tempat wisata yang memiliki destinasi menarik adalah Gunung Rinjani yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Gunung yang ketinggiannya mencapai mencapai 3.726 m dpl ini memiliki kaldera yang memanjang, di mana terdapat Segara Anak, yaitu danau dengan air kebiru-biruan. Kilauan airnya yang memukau, dengan luas danau 11.000.000 m2, dan kedalaman 230 m, Danau Segara Anak adalah tempat beristirahat sambil memancing yang menenangkan.

Di danau ini banyak terdapat ikan mujair dan ikan mas, selain itu air terjun dengan deburannya yang membuatmu rileks saat berlibur di gunung tertinggi ketiga di Indonesia setelah Kerinci dan Cartenz.



Terbang dengan Citilink Kian Nyaman, Ini Penyebabnya

Di kawasan ini juga terdapat objek wisata menarik lainnya, yaitu Gunung Batu Jari dengan kawah sulfurnya yang terletak di tengah danau. Di sini juga para wisatawan juga akan melihat pemandangan Gunung Tambora, Gunung Agung dan Gunung Batur, serta lautan lepas secara jelas.

Menikmati pemandangan indah ini akan bertambah kepuasannya apabila para wisatawan telah berhasil melewati medan yang cukup sulit saat pendakian.

Dan tidak hanya itu, kamu juga akan mendapati berbagai obyek wisata lainnya. Beberapa di antaranya adalah savana yang sangat luas, dengan udara yang panas pada siang hari, hutan hujan pegunungan rendah, lalu Goa Susu dan Goa Payung Mas. Dijamin kamu tidak akan kehabisan sumber inspirasi di lokasi wisata Gunung Rinjani ini.

Tempat wisata di Lombok yang satu ini memang biasanya akan membuat siapa saja yang belum pernah mendaki gunung jadi penasaran. Dan wisatawan yang baru pertama kalinya tidak usah khawatir karena banyak jasa Porter atau pemandu wisata yang dapat kamu andalkan.

Selain itu, wisatawan juga perlu menyusun dan menyediakan bekal yang tidak sedikit. Mulai dari proses pendakian, menikmati suasana alam hingga turun kembali tentunya kamu akan butuh berbagai kebutuhan, setidaknya untuk 5 hari 4 malam. Wisatawan harus memastikan semua keperluan yang harus masuk ke ranselnya sebelum memulai pendakian.

Wisatawan harus membawa bekal berupa makanan dan minuman yang cukup , pakaian baik kaos, jas hujan, sweater, sarung tangan, topi, hingga handuk dan pakaian renang, Senter di kepala, trekking pole, Obat-obatan pribadi, termasuk tiger balm untuk nyeri otot, keperluan pribadi seperti kertas toilet, tampon, lip balm, sunscreen dan sejumlah uang untuk keperluan pembelian tiket masuk dan jasa transport, Tenda, kantong tidur, peralatan masak dan sebagainya.

Kearifan Lokal dan Kerukunan Masyarakat Lombok

Bukan cuma alamnya, kehidupan masyarakat yang dapat kamu temui selama perjalanan juga merupakan sumber inspirasi bagi traveller. Seperti rumah masyarakat suku Sasak yang dibangun menghadap Gunung Rinjani, hal itu menandakan Gunung Rinjani sudah merupakan bagian dari hidup mereka. Suku Sasak sangat menghargai nilai-nilai yang berlaku di tengah kelompok masyarakat tersebut. Dengan mengunjungi tempat wisata di Lombok, kamu pun belajar mengenai kearifan lokal penduduk.

Ini Alasan Mengapa Kita Butuh Liburan
Halaman:
  • Penulis: Khairul Anwar, Aurora Denata

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita