14 September 2017 06:29 WIB

Ini Alasan Polisi Tolak Kebijakan Syarat Kepemilikan STNK Harus Punya Garasi

Usulan syarat kepemilikan Garasi itu dicetuskan oleh Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat. Kendaraan melintas di samping pembangunan proyek Light Rail Transit (LRT). (Dok. Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COMGubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat berniat untuk menjadikan kepemilikan garasi sebagai syarat mempunyai STNK. Namun demikian, ternyata usulan itu ditolak oleh pihak kepolisian lantaran tak ada sangkut pautnya.

Masjid Kalijodo Rampung, Djarot: Janji Saya dengan Pak Ahok Sudah Terpenuhi

Hal itu diungkapkan oleh Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Halim Pagarra, dengan alasan, kewajiban pemilikan garasi tersebut tidak diatur dalam UU yang terkait. Kepemilikan garasi tak ada dalam UU kendaraan bermotor nomor  22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan Peraturan Kapolri Nomor 5 Tahun 2012 tentang registrasi kendaraan bermotor.

"Itu tak diatur. Yang diatur terkait persyaratan daripada STNK adalah faktur, cek fisik dan KTP. Itu yang disyaratkan," tegasnya, Rabu (13/9).


Warga Kampung Bayam ke Fadli Zon: Lindungi Kami Hentikan Penggusuran

Oleh karena itu, pihaknya tak mendukung usulan Djarot itu. Selain hal tersebut, pihak Pemprov DKI juga belum melakukan koordinasi dengan kepolisian terkait usulan peraturan itu.

"Tentunya. Kami tak berlakukan. Karena belum ada juga pembicaraan soal hal tersebut. Karena penjabaran dari Perda juga harus dalam peraturan Gubernur. Oleh karena itu saat ini belum kami berlakukan dan belum ada juga Peraturan Kapolri nomor 5 tahun 2012," tukasnya.

Djarot Minta Garasi Jadi Syarat STNK Terbit, Begini Tanggapan Polri

Penulis : Ratna Wilandari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Berita Terkait

Kata Djarot Soal Raperda Reklamasi

20 September 2017 07:00
Rekomendasi