14 September 2017 01:45 WIB

Luhut Panjaitan Jamin Indonesia Akan Miliki 51% Saham Freeport di 2019

"Freeport akan lepas 51% saham, jangka penyelesaiannya paling lambat sampai 2019," kata Luhut. Menteri Koordinator bidang Kemaritiman (Menko Kemaritiman), Luhut Binsar Pandjaitan. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COMMenko Kemaritiman, Luhut Panjaitan memastikan bahwa saham PT Freeport akan jatuh ke pemerintah sebesar 51% pada tahun 2019 mendatang. Sementara itu untuk saat ini, pemerintah hanya mnegantongi saham Freeport sebesar 9,36%, sehingga membutuhkan angka 41% untuk sampai pada saham 51%.

KESDM Siap Berikan Insentif dan Dorongan Fiskal Agar Pengembangan Mobil Listrik Berjalan

"Freeport akan lepas 51% saham, jangka penyelesaiannya paling lambat sampai 2019," kata Luhut, Rabu (13/9).

"51% sekarang lagi dibicarakan antara pemerintah pusat dan pemda, berapa persen pemda mungkin 5%-10%. Valuasi kita serahkan ke market, independen yang menilai kedua belah pihak. Jadi ada kajian dan formulanya, tapi tidak ikut dengan cadanganannya," lanjutnya.


Indo EBTKE ConEx 2017: Jonan Optimis Pengembangan EBT Akan Kompetitif dan Terjangkau

Dengan memiliki saham lebih dari setengahnya, Indonesia memiliki kendali atas PT Freeport Indonesia. Selain itu, peran pemerintah Indonesia dalam operasionalisasi perusahaan akan semakin besar.

"Kalau 51%, CEO kita, operasional kita, finance-nya kita ya bisa dibuat seperti itu. Jadi kita mengacu ketentuan yang berlaku umum," ucap Luhut menutup pembicaraan.

Jonan Bangga, 10 Bulan Menjabat Berhasil Wujudkan 700 MW Energi Terbarukan

Penulis : Ratna Wilandari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi