13 September 2017 14:56 WIB

Indo EBTKE ConEx 2017: Jonan Optimis Pengembangan EBT Akan Kompetitif dan Terjangkau

Jonan mengatakan bahwa acara Indo EBTKE ConEx 2017 ini sesuai dengan upaya pemerintah untuk mengedepankan energi baru, terbarukan, dan konservasi energi (EBTKE) di Indonesia. Menteri ESDM Ignasius Jonan memberikan sambutan saat membuka Pameran Indo EBTKE ConEx 2017, di Plenary Room Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9). (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, resmi membuka The 6th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (Indo EBTKE ConEx) 2017 In Conjunction With Bali Clean Energy Forum (BCEF), di Plenary Room Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9). 

Wamen ESDM: EBT adalah Keharusan, Keekonomiannya Harus Diutamakan

Kala itu, Jonan mengatakan bahwa acara yang akan dilangsungkan selama tiga hari ke depan itu sesuai dengan upaya pemerintah untuk mengedepankan energi baru, terbarukan, dan konservasi energi (EBTKE) di Indonesia.

"Pemerintah sepakat bauran energi harus tercapai dengan catatan pemenuhan keekonomian harus terjangkau. Saya yakin ke depannya harga EBT akan kompetitif," ujar Jonan saat memberikan sambutannya.


Jonan Resmi Buka Pameran Indo EBTKE ConEx 2017

Menurutnya, pemerintah telah menargetkan 23 persen dari bauran energi yang berasal dari sumber energi baru terbarukan (EBT) pada tahun 2025.

"Ketua METI memberikan masukan ke saya 23 persen harus dicapai, energy mix harus dicapai, kalau baca rancangan umum energi nasional atau energy policy bahwa pemenuhan itu harus dengan tingkat keekonomian harus bisa dijangkau, kalimat terjangkau tidak boleh tertinggal. Saya bersyukur sudah 10 bulan di ESDM, saya dapat laporan ada lebih 700 mw EBTKE di bidang kelistrikan yang ditandatangani," tukasnya.

Diketahui, forum ini merupakan acara tahunan guna memfasilitasi memfasilitasi high level meeting dan menghadirkan para CEO perusahaan EBT dari berbagai negara. Dalam acara ini juga ditandatangani beberapa kesepakatan terkait pengembangan EBTKE, yaitu penandatanganan proyek EBTKE dengan Real Estate Indonesia (REI), Penandatanganan kerja sama pendanaan untuk pengembangan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) antara PLN dan PT SMI.

KESDM Siap Berikan Insentif dan Dorongan Fiskal Agar Pengembangan Mobil Listrik Berjalan

Penulis : Khairul Anwar, Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi