13 September 2017 14:39 WIB

Pilih HDD Atau SSD

Dalam memilih sebuah media penyimpanan baik pada komputer ataupun laptop tentu kita membutuhkan yang namanya kapasitas dan kecepatan membaca dan menulis pada media penyimpanan tersebut. Dari dua buah pilihan yang ada saat ini yaitu HDD (Hard Disk) atau SS Ilustrasi | Google ()
dibaca 113 x

Dalam memilih sebuah media penyimpanan baik pada komputer ataupun laptop tentu kita membutuhkan yang namanya kapasitas dan kecepatan membaca dan menulis pada media penyimpanan tersebut. Dari dua buah pilihan yang ada saat ini yaitu HDD (Hard Disk) atau SSD (Solid State Drive) yang mau kita gunakan sebagai media penyimpanan pada komputer atau laptop yang kita miliki.

Perkenalkan iPhone X, Ponsel dengan Bazel Tipis serta Tanpa Tombol Home

Secara singkat HDD sendiri merupakan sebuah media penyimpanan pada komputer dengan menggunakan piringan cakram dalam menyimpan data, berbeda halnya dengan SSD yang menggunakan serangkayan IC sebagai memori yang digunakan untuk menyimpan data. Lalu bagaimana dengan masalah kecepatan, ketahanan serta yang juga tidak kalah pentingnya yaitu dari sisi harga maka pilih HDD atau SSD ?

Pertama kita akan membahas dari sisi kecepatan. Dari sisi kecepatan baca dan tulis SSD memiliki kecepatan baca dan tulis 8 kali jauh lebih cepat dibandingkan dengan HDD, dengan keadaan tersebut memungkinkan proses booting pada komputer jauh lebih cepat.


Menurut Perusahaan Teknologi Ini, Android Tetap yang Terdepan

Dari segi tampilan SSD jauh lebih ringan dibandingkan dengan HDD karena komponen yang ada pada SSD jauh lebih sedikit dari HDD serta SSD sendiri tidak menghasilkan panas yang berlebih dan getaran seperti yang kita temui pada HDD.

Yang tidak kalah pentingnya adalah dari sisi harga, SSD harganya relatif lebih mahal apabila dibandingkan dengan HDD dengan ukuran yang sama. Serta ukuran SSD saat ini juga masih kecil dibandingkan dengan HDD yang ada di pasaran saat ini.

Oleh karena itu bijaklah dalam memilih apakah kita akan menggunakan SSD atau HDD, mungkin ada tips dari saya sendiri bagi yang ingin menggunakan SSD pada komputer yang kita miliki dengan budget yang tidak terlalu besar dikarenakan harga SSD yang terbilang cukup mahal.

Kita bisa menggabungkan SSD dan HDD pada komputer yang kita miliki dengan cara SDD kita jadikan sebagai bootable drive yang mana SSD ini akan kita jadikan sebagai tempat untuk instalasi sistem operasi komputer kita dan sebagai tempat instalasi program lainnya yang akan kita gunakan pada komputer. Serta HDD bisa kita gunakan sebagai tempat penyimpanan file multimedia seperti foto, video, file pekerjaan dan lain-lain. Dengan seperti itu kita dapat menghemat biaya dari pada kita membeli sebuah SSD yang memiliki ruang penyimpanan besar.

Sumber: satbud.com

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Bagi yang Ingin Memainkan FIFA 18 pada Perangkat PC, Ini Dia Spesifikasinya

Admin : Satria Budi

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi