13 September 2017 14:03 WIB

KESDM Siap Berikan Insentif dan Dorongan Fiskal Agar Pengembangan Mobil Listrik Berjalan

Menurut Jonan, Presiden Jokowi sangat mendorong agar mobil listrik dapat diimplementasikan di Indonesia. Menteri ESDM Ignasius Jonan didampingi Ketua METI Surya Darma saat menghadiri Pameran The 6th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (IndoEBTKE ConEx) 2017 in Conjuction with Bali Clean Energy Forum (BCEF) di Jakarta, Rabu (13/9). (Jitunews/Latiko Aldilla Dirga)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Menteri ESDM, Ignasius Jonan, mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menugaskan Kementerian ESDM dan Kementerian Perhubungan untuk membuat rancangan peraturan mobil listrik.

Kebijakan Mobil Listrik Bagian Dari Pemanfaatan Energi Bersih

Menurutnya, Presiden Jokowi sangat mendorong agar mobil listrik dapat diimplementasikan di Indonesia.

"Pemerintah tentunya tidak bisa membuat mobil listrik sendiri, tapi kita akan berikan insentif dan dorongan fiskal supaya pengembangan mobil listrik bisa berjalan," ujar Jonan saat membuka “Ihe 6th Indonesia EBTKE Conference and Exhibition (IndoEBTKE ConEx) 2017 in Conjuction wih Bali Clean Energy Forum (BCEF)” di Plenary Room Balai Kartini, Jakarta, Rabu (13/9).


Indonesia Jangan Tertinggal Soal Mobil Listrik

Jonan menjelaskan, mengenai mobil listrik, Prancis pada tahun 2040 sudah tidak menjual bahan bakar fosil, bahkan pada tahun 2030 india juga akan melakukan peraturan yang sama. Sehingga apabila pengembangan mobil listrik ini bisa berjalan, maka pemerintah akan mendorong supaya ketahanan energi atau energy security naik.

Jonan menjelaskan bahwa kebutuhan bbm untuk transportasi dari tahun ke tahun semakin meningkat, untuk saat ini kebutuhannya sebesar 1,6 juta barrel/hari, apabila kebutuhan pertumbuhan 5 persen setiap tahun, maka pada 2025 diprediksi sekurang-kurangnya butuh 2 juta barel.

"Ini akan kita dorong, kalau ada mobil listrik, jadi  energi primernya itu bisa berasal dari energi baru terbarukan mulai dari solar GV dan sebagainya, hidro dan windpower, dan juga energi fosil yang kita punya yaitu gas bumi dan batubara. Ini Penting untuk mendorong energy security di dalam negeri," pungkasnya.

5 Hal yang Dibutuhkan untuk Pengembangan Mobil Listrik

Penulis : Khairul Anwar, Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Berita Terkait
Rekomendasi

Pertamina EP Panen Penghargaan CSR

19 September 2017 16:50