13 September 2017 12:59 WIB

AWAS, Tilang Via CCTV Sudah Mulai Diterapkan Lho!

Kabar soal sistem pengaturan tata tertib berlalu lintas menggunakan closed-circuit television (CCTV) bukanlah isapan jempol belaka.... Ilustrasi CCTV. Sumber foto: ico.org.uk. ()
dibaca 471 x

Kabar soal sistem pengaturan tata tertib berlalu lintas menggunakan closed-circuit television (CCTV) bukanlah isapan jempol belaka.

Makanan yang Bikin Kita Awet Muda, Ada Juga yang Bikin Cepat Tua

Sistem yang sudah diterapkan di Surabaya ini memungkinkan petugas untuk menilang pengendara dengan menggunakan CCTV dan pengeras suara.

Seperti yang diwartakan viva.co.id, CCTV tilang kini juga mulai dioperasikan di Semarang.


Resmi Diperkenalkan, Apple Watch 3 Gunakan Jaringan 4G

Terobosan sistem Area Traffic Control System (ATCS) yang diinisiasi Dinas Perhubungan Kota Semarang itu selain berfungsi sebagai sarana tilang via CCTV, juga berfungsi untuk membantu petugas dinas terkait dalam menegur pengendara secara langsung.

"Jadi sistem ATCS yang dilengkapi CCTV, terhubung dengan ruang kontrol. Gunanya untuk melakukan tindakan preventif dalam mencegah kecelakaan lalu lintas dengan meningkatkan kesadaraan berlalu lintas, " kata Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, Rabu, 13 September 2017.

Jadi para petugas akan standby untuk menertibkan pengendara tanpa harus datang langsung ke lokasi.

Sebagai contoh adalah saat ada pengendara yang berhenti melewati batas zebra cross, maka petugas akan langsung menegur via pengeras suara. Begitupun jika ada pengendara yang mengganggu pengguna jalan lain.

Untuk lebih memaksimalkan sistem tilang via CCTV ini, Hendrar mengaku bahwa pihaknya akan menambah 11 ATCS lagi November 2017 mendatang.

Kondisi saat ini ATCS telah terpasang di 26 titik dari total 56 persimpangan lampu merah di Kota Semarang.

 

Ditulis oleh: Catra Agfa

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Resmi Diperkenalkan Ini Dia Spesifikasi iPhone 8, iPhone 8 Plus

Admin : Ratna Wilandari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi