12 September 2017 15:28 WIB

Jangan Sepelekan Kontak Mata Saat Berbicara Dengan Orang Lain

Ada hal yang sebaiknya tidak lupa Anda lakukan ketika tengah berbicara dengan seseorang, yakni kontak mata atau menatap lawan bicara Anda. Sebab, studi ilmiah membuktikan bahwa kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi d Ilustrasi | Shutterstock ()
dibaca 180 x

Ada hal yang sebaiknya tidak lupa Anda lakukan ketika tengah berbicara dengan seseorang, yakni kontak mata atau menatap lawan bicara Anda. Sebab, studi ilmiah membuktikan bahwa kontak mata saat berbicara mengandung beragam makna dan manfaat positif bagi diri Anda.

3 Pekerjaan Menjanjikan Buat Kamu yang Jago Sosmed

Studi terbaru yang dipublikasikan pada jurnal Psychological Science menyatakan bahwa menatap lawan bicara dapat membantu meningkatkan kepercayaan. Para peneliti di University of Amsterdam, Belanda, menemukan bahwa ketika kita memandang lawan bicara, maka akan ada tendensi untuk meniru ukuran bola mata sang lawan bicara.

Meskipun Anda sendiri tidak bisa mengontrol kecenderungan ini, namun perubahan yang terjadi saat menatap lawan bicara tersebut memiliki kekuatan yang besar dan dampak yang serius kepada keputusan sosial yang Anda buat dengan orang tersebut, misalnya seberapa besar Anda akan mempercayai dia.


6 Kekhawatiran Pria Saat Menjadi Ayah

Studi lain menemukan bahwa kebiasaan memandang lawan bicara akan membantu Anda menemukan cinta. Tim psikolog dari Aberdeen University di Skotlandia menemukan bahwa seseorang akan cenderung menemukan seseorang yang dianggap menarik dan memikat apabila mereka saling menatap saat berbicara ketimbang mengalihkan pandangan ke arah lain.

Para peneliti menemukan pula bahwa saling menatap mata saat bicara akan menyentuh sisi narsistik dalam diri Anda. Anda cenderung akan menyukai orang yang menyukai Anda. Karena kontak mata adalah salah satu tanda Anda tertarik pada seseorang, maka Anda akan cenderung jatuh hati kepada seseorang yang Anda anggap tertarik pada Anda.

Melakukan kontak mata saat berbicara pun dapat membantu Anda mendeteksi apakah lawan bicara Anda berbohong atau tidak. Berdasarkan sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal on Nonverbal Behavior, seseorang yang memancing Anda untuk mempercayai omongannya akan menciptakan lebih banyak kontak mata ketimbang mereka yang berkata jujur.

Selama ini memang ada pandangan bahwa orang yang berbohong cenderung akan menghindari kontak mata dengan lawan bicara atau mengalihkan pandangan ke arah lain saat berbicara. Akan tetapi, para peneliti menyatakan bahwa kontak mata dengan seseorang dapat menjadi sarana untuk terlihat dapat dipercaya.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Tips Berbelanja di Pasar Swalayan Agar Lebih Irit

Admin : Satria Budi

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

6 Kekhawatiran Pria Saat Menjadi Ayah

12 September 2017 14:26

Hilangkan Komedo dengan Kedelai

22 September 2017 00:53
Rekomendasi

6 Fobia Yang sering dialami Remaja

19 September 2017 19:49

Masker Wajah untuk Lawan Penuaan Dini

19 September 2017 17:32