12 September 2017 08:15 WIB

OTT Disebut Gaduh, KPK: karena yang Kena Aparat Penegak Hukum

Jaksa Agung HM Prasetyo menyebut operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK membuat gaduh dan ingar bingar Wakil Ketua KPK Saut Situmorang. (Istimewa)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Jaksa Agung HM Prasetyo menyebut operasi tangkap tangan (OTT) yang dilakukan KPK membuat gaduh dan ingar bingar. Menanggapi pernyataan tersebut, Wakil Ketua KPK, Saut Situmorang mengatakan OTT yang gaduh adalah konsekuensinya karena yang sering kena OTT adalah aparat penegak hukum (APH).

Anggota DPR Permasalahkan Panggilan 'Yang Terhormat' yang Tak Diucapkan KPK

"Kalau bikin gaduh karena yang di-OTT banyak APH. Jadi ada konsekuensi," kata Saut di gedung DPR, Senin (11/9).

Sebelumnya, Jaksa Agung HM Prasetyo sempat melontarkan kalimat yang menilai operasi tangkap tangan (OTT) dalam penindakan kasus korupsi di Indonesia terasa gaduh.


Komisi III Banyak Ajukan Pertanyaan Hasil Temuan Pansus, Ini Kata Pimpinan KPK

"Penindakan kasus korupsi dengan melakukan operasi tangkap tangan yang dilaksanakan di negara kita yang terasa gaduh dan ingar-bingar, namun IPK (Indeks Persepsi Korupsi) Indonesia dalam beberapa tahun ini tidak mengalami kenaikan yang signifikan," kata Prasetyo di gedung DPR, Senin (11/9).

Prasetyo kemudian memberi saran pemberantasan korupsi sebaiknya berbasis pencegahan.

"Karena itu sudah saatnya kita menyimak praktik penegakan hukum di kedua negara tersebut yang dalam jangka panjang akan lebih efektif dilakukan melalui pencegahan. Meskipun, penegakan hukum pencegahan tidak populer, dan tidak banyak dilihat dan jauh dari hiruk-pikuk," jelasnya.

KPK Akan Bawakan List Barang Sitaan Korupsi di RDP

Penulis : Aurora Denata

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Berita Terkait
Rekomendasi