7 September 2017 15:18 WIB

Cara Cerdas Minum Kopi Agar Bermanfaat bagi Kesehatan

Minum kopi saat ini telah menjadi budaya populer di kalangan masyarakat. Budaya populer tersebut membuat para peneliti menggali lebih dalam manfaat kafein yang terkandung dalam secangkir kopi bagi kesehatan tubuh... Ilustrasi | Google ()
dibaca 900 x

Minum kopi saat ini telah menjadi budaya populer di kalangan masyarakat. Budaya populer tersebut membuat para peneliti menggali lebih dalam manfaat kafein yang terkandung dalam secangkir kopi bagi kesehatan tubuh.

Cantiknya Pacar Anak Sulung Ahok, Pantes Sean Meleleh

Beberapa pekan lalu para peneliti mengungkapkan bahwa kafein dalam kopi mampu mengurangi risiko serangan jantung, demensia, diabetes tipe dua, dan juga kanker kulit.

Akan tetapi, di sisi lain ternyata kafein juga dapat memicu perasaan takut berlebihan, sakit maag, dan memicu menopause lebih awal. Oleh karena itu, sebagai pecinta kopi, kita harus cerdas dalam minum kopi agar manfaatnya terasa oleh tubuh dan tentunya mengurangi risiko buruk akibat kelebihan kafein.


Sera Amane, Pelajar WNI di Jepang yang Jadi JAV Idol

Lalu, berapa banyak kopi yang boleh kita minum setiap harinya? Berikut aturan minum kopi yang berkaitan dengan kesehatan tubuh.

1. Ukuran Pinggang
Secangkir kopi dapat mengecilkan ukuran pinggang Anda jika Anda memilih meminum secangkir black coffee dari pada caffe latte. Secangkir caffe latte mengandung 170 kalori, sedangkan secangkir black coffee hanya mengandung 160 kalori. Baru-baru ini sebuah penelitian menemukan bahwa kopi hijau yang tidak dibakar dapat membantu diet Anda karena kandungan gulanya yang sedikit dan juga mampu membakar lemak dalam tubuh.

2. Jantung
Dr. Graham seorang konsultan cardiology dari Guy's and St Thomas NHS Foundation Trust mengatakan bahwa secangkir kopi dapat meningkatkan detak jantung hingga 100 detak/menit dan mempersempit pembuluh arteri sehingga meningkatkan tekanan darah.

Untuk mereka yang sehat, hal tersebut tidak berbahaya, justru akan meningkatkan mood. Sebuah jurnal yang diterbitkan oleh para peneliti di Korea Selatan menemukan pria dan wanita yang meminum kopi memiliki sedikit risiko penyumbatan kalsium di pembuluh arteri mereka dan dapat mengurangi risiko gagal jantung.

Akan tetapi, bagi mereka yang mengidap penyakit jantung, tidak dianjurkan meminum kopi instant karena kandungan potasiumnya yang tinggi justru berbahaya.

3. Usus
Minum kopi di pagi hari pasti membuat perut mulas karena kafein menstimulasi dan meningkatkan kontraksi dalam usus sehingga feses akan keluar lebih cepat dari biasanya.

Ini juga berarti bahwa nutrisi memiliki sedikit waktu untuk diserap ketika berada di saluran pencernaan sehingga akan membahayakan tubuh jika tidak diimbangi dengan makanaan yang sehat.

Selain itu, kafein juga menghambat penyerapan zat besi dalam tubuh. Disarankan untuk memberi jeda waktu antara minum kopi dan memakan makanan yang mengandung zat besi seperti daging.

Terlalu banyak minum kopi juga dapat memicu dehidrasi yang berujung pada sembelit dan iritasi lambung karena kafein dapat meningkatkan produksi gas asam lambung.

4. Tulang
Sudah diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat mengakibatkan osteoporosis karena kafein membuat osteoblasts tidak berfungsi dengan baik. Untuk menghindari resiko osteoporosis, sebaiknya jangan minum lebih dari tiga cangkir kopi dalam sehari.

5. Gigi
Anda pasti khawatir mengonsumsi kopi dalam jangka panjang akan menyisakan noda pada gigi Anda? Dr. Mervyn Druian seorang dokter gigi dari The London Tooth Whitening Centre mengatakan bahwa noda yang dihasilkan teh lebih kuat daripada kopi.

Kopi hanya menodai gigi tanpa menembus lapisan email gigi. Noda tersebut akan hilang selama 14 hari dengan pasta gigi yang mengandung zat pemutih. Berita bagusnya, kopi mengandung bahan kimia yang secara efektif menghentikan pertumbuhan bakteri streptococcus dalam mulut.

Ditulis oleh: Andre

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Lama Tidak Berhubungan Intim, Ini Dampak yang Didapat oleh Para Pria

Admin : Satria Budi

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Rekomendasi

Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?

19 September 2017 18:07

Bahagia Bikin Nggak Gampang Sakit

19 September 2017 17:13