29 Agustus 2017 15:42 WIB

Tips Jitu Memilih Hewan Kurban, Jangan Asal Pilih Ya!

Hewan kurban yang kuat dan sehat harus menjadi pilihan utama Penjualan sapi kurban di Mall Hewan Kurban H. Doni, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, Jumat (26/8). (Jitunews/Johdan A.A.P)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Bagi Anda yang berniat melaksanakan ibadah kurban, ada baiknya Anda tidak asal membeli hewan kurban. Nah, agar Anda bisa tahu apakah hewan kurban itu baik, maka Anda harus mengetahui ciri atau tanda hewan yang nanti akan dikurbankan. Pasalnya, salah satu faktor yang penting dalam ibadah kurban sendiri adalah memberikan kurban yang terbaik.

Ini Dia Cara Praktis Memilih Sangkar Murai Batu

Hewan kurban yang sehat harus menjadi pilihan utama. Bisa dibayangkan jika kita sudah ikhlas beribadah kurban tapi ternoda karena penerima kurban merasa kecewa karena tidak memperoleh daging dengan kualitas baik dan pada ujungnya tidak dapat mengkonsumsi daging kurban yang kita berikan.

Untuk mengenali ciri-ciri hewan kurban yang sehat dan dapat bermanfaat, maka Anda harus jeli serta teliti dalam memilihnya. Salah satu cara yang mudah untuk memilihnya adalah dengan melihat umur dari hewan tersebut. Hewan kurban yang sudah cukup umur untuk dikurbankan harus memiliki kriteria seperti, untuk sapi dan kerbau berumur kurang lebih 22 bulan, dan untuk kambing dan domba berkisar antara 12-18 bulan.


Cek! Ini Syarat Hewan Kurban yang Sesuai Syariat Islam

Selain itu, yang perlu Anda ketahui juga, daging kurban yang layak konsumsi dapat dilihat dari fisik hewan itu sendiri. Selain fisik hewan juga tempat penampungan. Tempat penjualan juga bisa mempengaruhi kesehatan hewan. Fisik hewan tersebut bisa dilihat dari beberapa aspek. Misalnya melalui bulu hewan yang mengkilat dan tidak berdiri, lubang-lubang bagian hewan kurban pun tidak boleh luput dari perhatian calon pembeli.

Ciri lainnya, bentuk tubuh hewan pun harus standar. Dalam artian, untuk sapi dan kerbau, tulang punggungnya relatif rata, tanduknya seimbang, keempat kakinya simetris, dan postur tubuhnya ideal. Postur tubuh ideal, maksudnya, misalnya kombinasi perut, kaki depan dan belakang, kepala, dan leher seimbang.

Hewan kurban yang sehat tidak boleh mengeluarkan cairan (darah) dari lubang-lubang hewan seperti mata, hidung, telinga, mulut, atau pun anus. Selain itu, gigi susu hewan juga harus kupak atau tanggal dan berganti dengan gigi dewasa semua.

Tak hanya itu, kelincahan hewan juga bisa menentukan kesehatan hewan. Hewan yang cenderung lemas dan loyo bisa saja mengidap penyakit. Kuku hewan juga tak boleh lepas dari perhatian. Jangan membeli hewan kurban yang memiliki luka di kaki atau kuku hewan tersebut. Kalau ada luka, bisa saja hewan tersebut sudah terinfeksi kuman. Apalagi kalau tempat penampungannya juga tidak bersih.

Terakhir, untuk lebih meyakinkan Anda, usahakan Anda membeli hewan kurban yang penjualnya menempelkan stiker untuk membuktikan hewan tersebut sehat dan tidak cacat.

Nah, semoga tipsnya bermanfaat ya! Selamat berkurban!

Ini Syarat Hewan Kurban yang Baik Menurut PHDI, Cek Ya!

Penulis : Riana

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi

Strategi Jitu Budidaya Tomat Organik

14 Desember 2016 18:17