27 Agustus 2017 14:26 WIB

Jangan Lakukan 3 Hal Ini di Karimun Jawa, Kalo Gak Mau Baper

Tak ada ekspektasi lebih bahwa Karimun Jawa akan seindah saat saya menghabiskan setahun di Pulau Rote Dokumentasi Pribadi/ Indahnya pemandangan mangrove ()
dibaca 754 x

Tak ada ekspektasi lebih bahwa Karimun Jawa akan seindah saat saya menghabiskan setahun di Pulau Rote, karena jika berbicara tentang pantai, masyarakat dan budaya. Hal yang terbayang hanya Rote Ndao!

Kode Seksi dari Si Cantik Ariel Tatum, Bikin Pengen!

Mungkin itu sebabnya saya tidak begitu berharap lebih dengan perjalan ke Karimun Jawa akan menjadi pengalaman yang memorable.

Sampai saya menginjakan kaki kali pertama di Karimun Jawa. Birunya pantai dan awan yang indah juga gak kalah kece dengan Rote Ndao. Apalagi Lokasinya sangat mudah dijangkau, dengan beberapa alternatif moda transportasi seperti kapal dari Jepara, Semarang atau Kendal.


Tidak Terima Dirinya Dipecat, Ketua DPW Jabar Gugat Pengurus DPP Partai Berkarya

Sebagai orang yang suka dengan ketenangan dan senja. Karimun Jawa menyediakan hal itu semua. Sejenak saya menikmati kehidupan saya seperti saat saya menghabiskan setahun di pulau Rote.

Kali ini, ada 3 hal yang bisa kamu lakukan pada hari pertama di Karimun Jawa. Tentu, agar memudahkan kamu untuk melakukan hal ini. Kamu harus menyewa motor dengan harga sewa 75 ribu atau mobil. Penasaran apa saja?

  1. Belajar dari mangrove

Mangrove di Karimun Jawa merupakan kawasan Taman Nasional dengan luas hutan mangrove sendiri 10,5 km persegi. Harga yang harus dibayar untuk dapat menikmati jalur trekking sebesar 5 ribu rupiah. Di sana, kamu akan menikmati hijaunya mangrove, ikan-ikan kecil yang berenang di sepanjang bibir pantai dan mangrove.

 Dokumentasi pribadi/jalan setapak di mangrove

Tak hanya sampai di situ, kamu juga bisa swafoto di tower kayu yang sangat memanjakan para pengujung untuk menikmati seluruh pemandangan di Karimun Jawa.  

Nah, trekking mangrove sendiri dibuka setiap hari, dimulai dari pukul 7 pagi sampai 5 sore. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan kalo trekking di sini yaitu pastikan tidak membawa barang berlebihan, alas kaki yang nyaman karena jalur yang panjang, dan lebih bagus kalo menggunakan lotion anti nyamuk.

 

  1. Menikmati senja, bersyukur akan kehidupan

Sehabis dari mangrove. Kamu bisa melajukan kendaraan menuju Pantai Tanjung Gelam. Lokasinya sendiri terletak di tanjung atau ujung barat Pulau Karimunjawa atau di bagian barat daya Pantai Batu Topeng. 

 Dokumentasi pribadi/senja di pantai tanjung gelam

Nah, waktu yang tepat untuk Pantai Tanjung Gelam adalah saat temaramnya matahari atau sunset.  Matahari yang pelan-pelan mulai tenggelam di laut, membuat perpaduan warna yang instagramable.

 

Apalagi berjejer rapi pohon kelapa yang mempercantik pemandangan di bibir Pantai Tanjung Gelam. Di pantai ini, kamu juga membeli kelapa muda atau makanan yang dijual oleh masyarakat Karimun Jawa.

 Dokumentasi pribadi/Sunset terbaik

Tidak ada biaya yang harus dibayar untuk masuk ke pantai ini, karena gratis. Itu mungkin berbeda jika kamu mengunjungi spot ini dengan kapal. Katanya, Pantai Tanjung Gelam juga menjadi spot terbaik untuk diving atau snorkling.

 

  1. Lezatnya ikan bakar dan jagung bakar

Sehabis seharian berkeliling di trekking mangrove dan Pantai Tanjung Gelam. Tentu perut harus diisi dengan asupan gizi dan lezatnya kuliner Karimun Jawa donk?

 

Kalo begitu, kamu harus ke alun-alun Karimun Jawa. Di sana, banyak sekali yang bisa dibeli dan dicoba seperti ikan bakar, lobster, kepiting atau aneka makanan lainnya seperti jagung.

 

Alih-alih ingin mengisi perut, malah kalap deh jadinya.

 Dokumentasi pribadi/Lezatnya ikan bakar

Untuk harga makanan ala budget traveller. Tidak usah khawatir, karena harga yang dijual bervariasi tergantung dengan jenis ikan dan besarnya. Rata-rata sekitar 20 ribu sampai 100 ribu.

Saya juga salut dengan para penjual yang walaupun terbata-bata mampu menggunakan bahasa inggris.

“Mister, want to rice?” ucap Ibu Diah kepada bule dari Kanada.

Jadi, segera buat list liburan berikutnya di Karimun Jawa ya!

 

Ditulis oleh: Arsyad Azizi Iriansyah

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi, foto maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Kesehatan Testis Anda Dipengaruhi Modisnya Jeans yang Dikenakan

Admin : Aurora Denata

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi