21 Juli 2017 14:44 WIB

Kementan Minta Peternak Menerapkan Prinsip Animal Welfare

Penerapan prinsip animal welfare penting dilakukan guna mendorong pengembangan unggas lokal agar berdaya saing. Peternakan sapi. (Jitunews/Latiko A.D)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian (Kementan), I Ketut Diarmita, mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya terus mengupayakan langkah cepat guna melindungi usaha para peternak lokal.

Impor Daging dari India Dinilai Kangkangi UU

"Kami sudah meminta kepada para peternak unggas lokal agar memperbaiki manajemen pemeliharaan dan menerapkan prinsip-prinsip animal welfare. Penerapan prinsip animal welfare penting dilakukan guna mendorong pengembangan unggas lokal agar berdaya saing," demikian kata Ketut Diarmita di Jakarta, Jumat (21/7).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pihaknya juga tengah mengupayakan agar harga jual daging ayam dan telur ayam tidak lagi di bawah ongkos produksi. Dengan demikian, kondisi peternak rakyat tidak lagi dikuasai oleh perusahaan peternakan skala besar.


Kementan Tegaskan Impor Daging Kerbau Sudah Melewati Proses Karantina Ketat

Untuk mengantisipasi kenaikan harga jagung untuk pakan, Kementan telah bekerja sama dengan asosiasi Gabungan Perusahaan Makanan Ternak (GPMT). Organisasi ini diminta untuk mendorong perusahaan anggotanya untuk bisa lebih mengutamakan menyerap produksi jagung lokal untuk kebutuhan industrinya.

Kementan Upayakan Penguatan Skala Ekonomi dan Kelembagaan Peternak

Penulis : Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi