21 Juli 2017 14:11 WIB

Kementan Upayakan Penguatan Skala Ekonomi dan Kelembagaan Peternak

Sejumlah program pun dibuat guna meningkatkan kesejahteraan para peternak.

Peternak sapi tradisional. (dok. Jitunews)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Dirjen Peternakan Kementerian Pertanian, I Ketut Diarmita, mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya terus mengupayakan penguatan ekonomi peternak.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pemerintah saat ini telah menyusun serangkaian kebijakan. Pertama, mendorong pola pemeliharaan sapi dari perorangan ke arah kelompok dengan pola perkandangan koloni sehingga memenuhi skala ekonomi. Kedua, pendampingan kepada peternak oleh SMD WP (Sarjana Membangun Desa Wirausahawan Pendamping), Petugas THL (tenaga Harian Lepas) dan Manajer SPR (Sentra Peternakan Rakyat). Ketiga, pengembangan pola integrasi ternak tanaman, misalnya integrasi sapi-sawit. Keempat, pengembangan padang penggembalaan melalui optimalisasi lahan bekas tambang dan kawasan padang penggembalaan di Indonesia Timur. Kelima, pemerintah mengeluarkan kebijakan Asuransi Usaha Ternak Sapi (AUTS).

"Sejumlah program tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan para peternak," demikian kata Ketut Diarmita di Jakarta, Jumat (21/7).


Raker dengan Mentan, DPD Apresiasi Kinerja Pertanian

Sementara itu, ia juga menyoroti sejumlah persoalan di sektor peternakan, termasuk harga daging sapi.

"Sambil mengupayakan penanganan permasalahan yang terjadi pada harga daging sapi, pemerintah memperbaiki sistem distribusi dan tata niaga yang belum efisien. Salah satunya adalah dengan fasilitas kapal khusus ternak. Sedangkan peran pemerintah daerah adalah menjaga keseimbangan struktur populasi ternak dan menginisiasi pembentukan wilayah sumber bibit pada daerah padat ternak," ujarnya.

Sementara itu, Indonesia menerapkan sistem importasi ternak Ruminansia dan produk hewan turunannya berbasis zona (zone-based), sehingga Indonesia tidak lagi bergantung pada negara tertentu saja dalam melakukan impor daging agar harga daging dalam negeri dapat stabil.

Kebijakan Swasembada Daging Prioritaskan Kesejahteraan Peternak Lokal
Halaman:
  • Penulis: Siprianus Jewarut, Nugrahenny Putri Untari

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita