17 Juli 2017 16:18 WIB

Waspada! Minum Air Es Ternyata Berbahaya

Cuaca kalau lagi panas-panasnya memang paling enak minum air es atau air dingin. Bikin badan segar kembali... Semua Foto di dalam artikel ini diupload oleh penulis 'Suara Kita'. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap dampak yang mungkin timbul dari pengunggahan foto-foto tersebut. (Aurora Denata)
dibaca 873 x

Cuaca kalau lagi panas-panasnya memang paling enak minum air es atau air dingin. Bikin badan segar kembali. Tapi minum air dingin akan memperburuk kesehatan loh!

Habis Bertengkar Lalu Bercinta, Mengapa Tidak?

Dilansir dari The Health Site, ada beberapa alasan mengapa Anda dilarang untuk minum air es air dingin. 

1. Mengganggu pencernaan


Hilangkan Ketombe dengan Masker Pisang, Caranya Mudah Loh!

Ternyata, minum air es atau air dingin bisa menghambat proses pencernaan makanan. Hal ini disebabkan karena pembuluh darah mengerut. Jika sudah seperti itu, bisa memperlambat proses pencernaan. 

Makanan tidak akan bisa dicerna dengan baik, sehingga nutrisi yang terkandung dalam makanan akan hilang dan tidak bisa diserap oleh tubuh.

2. Menghilangkan nutrisi

Suhu normal pada tubuh adalah 37 derajat celcius. Ketika Anda minum sesuatu pada suhu yang sangat rendah, tubuh harus mengeluarkan energi untuk mengatur suhu secara normal.

Energi yang dihabiskan ini digunakan untuk mencerna makanan dan menyerap nutrisi. Dampak yang terjadi adalah tubuh menjadi kekurangan nutrisi.

3. Terkena sakit tenggorokan

Minum air es atau air dingin bisa menyebabkan penumpukan mukosa atau lapisan pelindung saluran pernapasan. Saat lapisan ini membuat banyak aliran darah, saluran pernapasan teroaoar dan rentan kena berbagai infeksi. 

Oleh karena itu, kemungkinan sakit tenggorokan pun menjadi sangat tinggi.

4. Menurunkan detak jantung

Minum air es atau air dingin bisa menurunkan detak jantung. Menurut sebuah penelitian, minum air es dapat merangsang saraf vagus. Saraf vagus adalah saraf kranial ke-10, yang berperan penting pada sistem saraf otonom tubuh untuk mengendalikan tindakan tubuh secara responsif.

Saraf vagus memengaruhi penurunan detak jantung. Ketika Anda minum air es atau air dingin, suhu rendah air tersebut akan menstimulus ke saraf, yang menyebabkan denyut jantung turun.

Ditulis oleh: De

*Tulisan ini adalah 'Suara Kita' kiriman dari pembaca. Jitunews.com tidak bertanggung jawab terhadap isi maupun dampak yang timbul dari tulisan ini. Mulai menulis sekarang.

Walikota Bogor Sakit Melontarkan Larangan Merokok sampai ke dalam Rumah

Admin : Satria Budi

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Rekomendasi

Benarkah Bumbu Mi Instan Picu Kanker?

19 September 2017 18:07

Bahagia Bikin Nggak Gampang Sakit

19 September 2017 17:13

4 Kebiasaan yang Sebenarnya Tidak Sehat

19 September 2017 17:09