17 Juli 2017 10:30 WIB

Datanglah ke Negeri di Atas Awan di Kab. Bogor, Jika Jenuh Wisata di Puncak

Wisata Bogor selama ini identik dengan Puncak Pass yang top hingga mancanegara. Akan tetapi, kini Kabupaten Bogor punya banyak pilihan lokasi alam yang menghipnotis wisman. Pengunjung berfoto bersama dengan latar belakang panorama Gunung Pancar di Villa Aman Resort. (Dok. Jitunews)

BOGOR, JITUNEWS.COM - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, Drs.Rahmat Surjana, M.Si, meyakini suatu saat wisatawan akan mengalami titik jenuh untuk berwisata ke Puncak Pass, kendati di Puncak terdapat kian beragam lokasi wisata dengan kekhasan konten masing-masing.

Ini Dia 5 Surga Dunia yang Terdampar di Wonogiri

Namun, kemacetan yang menjadi langganan pada hari libur adalah sebuah problem klasik yang entah kapan bisa tuntas. Terkecuali ada dukungan infrastruktur berupa jalan-jalan alternatif di sepanjang jalur Puncak Pass, untuk mengurai kemacetan.

Taman Safari, Taman Matahari, Museum Dinosaurus, Curug di Tugu Mas, Perkebunan Teh, Olahraga Paralayang, Masjid Puncak Pass di punggung bukit, Kampung Arab pusat berkumpulnya wisatawan Timur Tengah, Taman Rekreasi Cibodas, Taman Bunga di Cipanas adalah beberapa di antara destinasi wisata yang menjadi pesona wisata di kawasan Puncak Pass.


Menpora Habiskan Akhir Pekan di Pulau 'Oksigen' Ini, Seperti Apa?

Semakin banyak wisatawan yang berkunjung, semakin parah kemacetan di tengah perjalanan menuju ke objek-objek wisata di sekitar puncak. Namun, kini, wisatawan mulai menyadari berkat adanya informasi dari media portal berita internet dan media sosial yang mengabarkan ada destinasi wisata yang baru dibuka dan tidak kalah memikatnya dibandingkan Puncak Pass.

Villa Aman D’Sini, sebuah mountain resort yang tidak disangka-sangka oleh wisatawan yang baru pertama kali berkunjung, menyuguhkan panorama bagaikan berada di Ubud, Bali. Lebih eksotik daripada kita berada di tepi jalur Puncak Pass, karena dari Villa Aman tampak jelas sosok Gunung Pancar dan Gunung Gede-Pangrango nun jauh di sana.

Seorang pengunjung berfoto dengan latar belakang panorama Gunung Pancar di Villa Aman Resort . (Foto: Dok. Jitunews)

Di bawah Villa Aman, menghampar lembah nan luas, ingin rasanya terbang melayang melintasi lembah dan menyentuh puncak Gunung Pancar, bagaikan berada di negeri di atas awan.

Orang datang ke sini pasti tidak menyia-nyiakan waktu untuk berfoto ria dengan begitu banyak spot dengan sudut pengambilan gambar yang eye-catching. Foto keluarga, foto persahabatan, foto selfie, foto pre-wedding, hingga foto deklarasi cinta atau shooting video klip. Wow! Inilah tempat dunia pelarian dari kejenuhan hiruk-pikuk Jakarta dan kota Bogor.

Deklarasi cinta di Villa Aman Resort. (Foto: Dok. Jitunews)

Lokasinya mudah dijangkau dari Jakarta via Tol Jagorawi kemudian keluar pintu Tol Sentul Selatan lalu menuju Kampung Garungsang Pasir, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, kawasan dataran tinggi Sentul, Kabupaten Bogor. Dari Jakarta hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi, dengan catatan di luar jam macet pagi dan siang.

Jitunews.com berkunjung bersama rombongan Press Tour yang diselenggarakan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bogor, mendapati beberapa unit vila mungil hingga yang megah yang mampu menampung keluarga besar. Tarif untuk high class Rp 3-5 juta semalam menginap sambil menikmati kambing guling dan ayam bakar.

Selain Villa Aman juga ada tempat yang spesial bagi para lansia yaitu Senior Living Resort di Beth Kasegaran Theresia yang menyuguhkan panorama Gunung Pancar. Beth Kasegaran Theresia merupakan bangunan megah tiga lantai yang semula adalah tempat retreat bagi umat Katolik. Namun baru setahun belakangan ini diubah fungsinya menjadi tempat peristirahatan khusus bagi kalangan lanjut usia untuk tinggal berbulan-bulan bahkan tahunan. Selain itu juga disediakan kamar untuk menginap bagi keluarga yang menjenguk orang tua dan kakek-neneknya.

Beth Kasegaran Theresia. (Foto: Dok. Jitunews)

Para lansia yang tinggal di Beth Kasegaran Theresia diberikan menu kegiatan olah raga dan hobi melukis, menyulam, bernyanyi bersama, perpustakaan, konseling psikiater, serta kegiatan berkebun.
Banyak lansia yang memang jenuh dengan kehidupan hiruk-pikuk perkotaan memerlukan ketenangan dan kenyamanan di tengah alam pegunungan bersuhu 22 derajat celcius di kawasan Mega Mendung, Gunung Geulis Street, Desa Pasir Angin, Kabupaten Bogor. Namun, kepada Jitunews.com, GM Beth Kasegaran Theresia, Yorrys, mengatakan bahwa Senior Living Resort ini, walaupun berada di tengah perkampungan namun memiliki fasilitas hotel berbintang plus pelayanan privat. Senior living resort di Indonesia baru ada tiga, salah satunya adalah Beth Kasegaran Theresia.

Tampak dari balkon Beth Kasegaran Theresia panorama Gunung Pancar terlihat. (Foto: Dok. Jitunews)

Selain wisata resort, di Kabupaten Bogor juga ada wisata kebun binatang khusus penangkaran elang di Kampung Loji, Kecamatan Cigombong dengan habitat yang sengaja dibuat sesuai habitat asli para elang.

Penangkaran burung elang di Kampung Loji, Cigombong. (Foto: Dok. Jitunews)

6 Julukan Terkenal Indonesia di Mata Dunia

Penulis : Yusran Edo Fauzi,Nugrahenny Putri Untari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi