15 Juli 2017 19:30 WIB

Matahari akan Kembali Lintasi Ka'bah Esok Hari

Segenap umat Muslim diharapkan dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan verifikasi arah kiblat. Kabah di Mekkah. (cendekia.sch.id)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar), Muhammad Thambrin menjelaskan bahwa matahari akan melintas tepat di atas Ka'bah esok hari, Minggu (16/7). Peristiwa alam tersebut diprediksi akan terjadi pada pukul 16.27 WIB atau sekitar 17.27 WITa.

Kenali Dua Metode Penentuan Awal Bulan dalam Kalender Islam

"Saat itu, bayang-bayang benda yang berdiri tegak lurus, di mana saja, akan mengarah lurus ke Ka'bah," kata Thambrin, dikutip dari laman resmi Kementrian Agama (Kemenag), Sabtu (15/7).

Menurutnya, peristiwa semacam ini dikenal juga dengan nama Istiwa A'dham atau Rashdul Qiblah. Yaitu, ketentuan waktu di mana bayangan benda yang terkena sinar matahari menunjuk arah kiblat.


Ilmu Pengetahuan Semakin Maju, Sudah Saatnya Sidang Isbat Ditiadakan?

Thambrin pun berharap segenap umat Muslim dapat menggunakan kesempatan tersebut untuk melakukan verifikasi arah kiblat dengan cara menyesuaikan arah kiblat dengan arah bayang-bayang benda pada saat Rashdul Qiblah tersebut.

Kasubdit Hisab Rukyat, Dit Urais Nur Khazin, menyampaikan beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memeriksa arah kiblat:

1. Pastikan benda yang menjadi patokan harus benar-benar berdiri tegak lurus atau pergunakan lot/bandul,

2. Permukaan dasar harus betul-betul datar dan rata, dan

3. Jam pengukuran harus disesuaikan dengan BMKG, RRI atau Telkom.

Jakarta Perlu Kawasan Wisata Halal

Penulis : Nugrahenny Putri Untari

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27
Berita Terkait
Rekomendasi