1 Juli 2017 16:00 WIB

Alat Canggih Ini Mampu Lenyapkan Hama Serangga dalam Sekian Detik, Penasaran?

Perusahaan bernama Intellectual Ventures Lab of Seattle yang mana sudah menemukan satu solusi yang dapat digunakan oleh petani di seluruh dunia Ilustrasi, hama serangga pada tanaman padi. (Thinkstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Banyak orang di seluruh dunia semakin khawatir tentang bahaya pestisida. Oleh karena itu melihat kasus di atas, sebuah perusahaan berinovasi dalam mengembangkan pengendalian hama alternatif yang lebih aman.

Begini Cara Kementan Tangkal Serangan Hama Tanaman Pangan

Ya, perusahaan itu bernama Intellectual Ventures Lab of Seattle yang mana sudah menemukan satu solusi yang dapat digunakan oleh petani di seluruh dunia.

Dengan teknologi inovatif terbarunya kini sedang menjalani pengujian untuk mengetahui apakah pada akhirnya mampu memberikan manfaat kepada petani atau tidak.


Kementan Klaim Penggunaan Pestisida Picu Serangan Hama Padi

Perangkat perusahaan yang dikenal sebagai 'Photonic Fence' ini, pada dasarnya bekerja menyerap hama serangga dengan kemampuan yang luar biasa.

Dengan mbenamkan dinding lampu inframerah pada alatnya, teknologi canggih ini mampu mencari spesies hama serangga hingga jauh masuk ke dalam selokan.

Sebanyak 20 serangga langsung bisa ditemukan dalam satu detik dengan menggunakan laser di mana dapat membunuh serangga tersebut hanya dalam 25 milidetik.

Boleh dikatakan alat ini menghancurkan 99 persen serangga yang diidentifikasinya dengan meninggalkan bangkai serangga tersebut di tanah.

Kamera dan jenis optik lainnya pada perangkat alat ini digunakan untuk memindai serangga dalam radius tertentu, menganalisis kecepatan hama, percepatannya dan bentuk serangga yang ditemukannya bersama dengan frekuensi suara mereka (hama) untuk menentukan yang termasuk dalam daftar (serangga berbahaya untuk dimusnahkan) yang telah diterapkan atau diuji sebelumnya.

Alat canggih ini bahkan mampu membedakan mana nyamuk betina atau jantan dengan membaca cara mereka terbang.

Photonic Fence juga mempunyai 'zona pembunuh' yang membentang sejauh 30 meter dan tiga meter secara vertikal, dan telah terbukti berhasil menargetkan dan membunuh serangga berbahaya seperti, nyamuk, lalat buah, hama jeruk nipis, dan sebagainya.

Pimpinan proyek perusahaan, Arty Makagon mengatakan, bahwa perangkat tersebut menggunakan laser mata-mata yang tak terlihat yang membuat 'bom bersih' untuk hama.

Alat ini menyediakan sejumlah kadar panas yang dibutuhkan untuk membunuh serangga tanpa membuang daya apapun.

Dan lebih hebatnya lagi, perangkat canggih ini bisa membunuh hama tanpa membahayakan lebah, di mana lebah sangat penting untuk penyerbukan silang dan proliferasi terhadap pohon dan tanaman.

Sekedar informasi, pestisida harus bertanggung jawab atas matinya koloni lebah setiap tahun sekitar 45 persen selama periode dua tahun mulai 2012 hingga 2014 di Amerika Serikat.

Ancaman serius terhadap keberadaan lebah yang dibunuh oleh pestisida dianggap sebagai masalah serius bagi manusia di seluruh dunia. Padahal lebah menyerbuki lebih dari 80 persen tanaman liar dan tanaman lain di kawasan Eropa.

Pada awalnya alat ini dibuat pada tahun 2009 sebagai cara untuk membantu mencegah penyebaran malaria di wilayah Afrika.

Saatnya Bantu Petani dan Berinvestasi Melalui Crowde

Penulis : Ferro Maulana, Aurora Denata

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi