Jitunews.Com
14 Juni 2017 05:00 WIB

Dokter Ahli: Berpuasa Mampu Sembuhkan Penyakit Kanker

Meski begitu, jika hendak berpuasa, pasien kanker sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter, karena ada syarat khusus yang harus dipatuhi

DR. dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM (kedua dari kiri), berpose usai menjadi pembicara di acara 'Buka Puasa Bersama dengan PT Kalbe Farma Tbk', di Al Jazeerah Signature Restaurant & Lounge, Function Room Lantai 4, Jl Johar No.8, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (13/6) malam. (Jitunews/Ferro Maulana)

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Pasien kanker mungkin telah melakukan banyak pengobatan untuk mematikan dan menghambat sel-sel kanker berkembang dan menyebar, misalnya dengan melakukan operasi pengangkatan sel kanker, kemoterapi, radioterapi dan beberapa terapi lainnya.

Namun demikian, jika pasien juga melakukan puasa, maka pasien akan mendapat manfaat lebih yakni dapat sembuh dari penyakit kanker. Hal itu dikatakan oleh DR. dr. Nugroho Prayogo, SpPD-KHOM, dari RS Kanker Dharmais Jakarta.

"Dengan berpuasa justru mental lebih baik kan, bisa pengaruhi sel kanker dan justru menyembuhkan," kata dr Nugroho kepada Jitunews.com, di sela-sela acara 'Buka Puasa Bersama dengan PT Kalbe Farma Tbk', di Al Jazeerah Signature Restaurant & Lounge, Function Room Lantai 4, Jl Johar No.8, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (13/6) malam.



Peneliti: Wanita di Atas 30 Tahun Mudah Terjangkiti Kanker Serviks

Kemudian, dr Nugroho juga menganjurkan, untuk pasien kanker khususnya yang beragama Muslim untuk tetap berpuasa di bulan suci Ramadhan atau pun puasa sunah. Dan, bagi yang non muslim juga bisa berpuasa sesuai dari saran dokter.

"Puasa kalau sahurnya biasa ya nggak papa. Puasa kan makannya ditunda. Secara psikologis kan nahan lapar. Justru baik malah," kata dr Nugroho.

Tetapi, khusus pasien kanker, saran dari dr Nugroho, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum berpuasa. Karena ada syarat khusus yang harus dipatuhi.

"Kalau nggak kuat ya jangan. Kalau dia kuat ya nggak papa. Hanya untuk pasien kanker makannya harus dipenuhi. Kan untuk energi," pungkas dr Nugroho.

Hay Perokok Aktif, Yuk Konsumsi Minuman Ini untuk Keluarkan Racun
Halaman:
  • Penulis: Ferro Maulana, Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita