31 Mei 2017 11:33 WIB

Bau Mulut Saat Puasa? Coba Kerokan Lidah

Penyebab bau mulut menurut salah seorang ahli biologi disebabkan oleh bakteri yang berasal dari sisa makanan di dalam air liur.

Ilustrasi bau mulut. (shutterstock)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Masalah utama saat puasa adalah bau mulut. Menurut salah seorang ahli biologi, penyebab bau mulut berasal dari bakteri yang ada di sisa makanan dalam air liur. Lidah merupakan bagian yang banyak dihuni oleh bakteri tersebut.

Tak jarang banyak orang melakukan berbagai cara untuk terhindar dari bau mulut saat puasa. Kendati demikian anda juga bisa mencoba alternatif seperti kerokan lidah.

Dilansir dari alodokter.com, kerokan lidah bertujuan untuk membersihkan timbunan bakteri, jamur, sel mati, dan sisa makanan pada permukaan lidah.


Simak! 5 Buah Ini Bikin Kamu Nggak Akan Dehidrasi Selama Puasa Lho..

Sebetulnya penelitian tentang kerokan lidah masih sangat terbatas. Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa kerokan lidah dapat menghilangkan bau mulut sementara. Sementara itu, banyak orang yang hanya menyikat gigi saja untuk menghilagkan bau mulut.

Hal tersebut dirasa kurang efektif. Pasalnya, desain sikat gigi berbeda dengan kerokan lidah. Sikat gigi didesain untuk membersihkan gigi, sedangkan lidah membutuhkan tekstur desain lain yang sesuai.

Jika dengan menyikat gigi dan menggunakan kerokan lidah mulut anda masih bau., sebaiknya konsultasikan ke dokter gigi untuk memperoleh solusi terbaik.

BPOM Temukan Takjil Terindikasi Formalin dan Rhodhamin B
Halaman:
  • Penulis: Ratna Wilandari

Penulis Suara Kita