Jitunews.Com
30 Mei 2017 05:08 WIB

Tips Sehat Jalani Puasa Ramadhan

Menjaga tubuh tetap sehat dan bugar selama bulan ramadhan memang sudah menjadi hal yang wajib dilakukan jika anda ingin ibadah puasa lancar tanpa hambatan.

Ilustrasi. (Ist)

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Selama menjalankan ibadah puasa, menjaga kesehatan tubuh agar tetap bugar memang merupakan hal yang wajib untuk dilakukan. Pasalnya, badan yang sehat akan membuat anda lancar dalam menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh.

Dilansir dari webkesehatan.com, Ada beberapa hal yang harus diperhatikan selama menjalani ibadah puasa agar tubuh tetap fit. Berikut ini merupakan ulasan tips ampuh menghilangkan rasa lemas dan tetap dalam keadaan sehat saat puasa.

1. Rutin Sahur



Jangan Konsumsi Daging dan Telur Berlebihan Saat Sahur

Layaknya sarapan, anda tak boleh melewatkan momen sahur begitu saja. Melewatkan waktu sahur berarti memperpanjang waktu puasa, sehingga tubuh akan mengambil energi cadangan yang cukup banyak dan membuat tubuh menjadi lemas.

Jangan lupa sertakan makanan bergizi saat santap sahur seperti makanan yang mengandung serat, protein tinggi dan vitamin.

2. Jangan Makan Makanan yang Terlalu Asin, Berlemak, dan Manis

Entah darimana datangnya seruan berbuka dengan yang manis. Kendati makanan manis dapat meningkatkan energi dalam tubuh, namun jangan terlalu berlebihan untuk dikonsumsi saat puasa. Pasalnya, makanan yang terlalu manis, berlemak, dan asin akan menyebabkan rasa lelah dan kantuk.

3. Jaga Kebutuhan Cairan Dalam Tubuh

Saat puasa, tubuh cenderung akan kekurangan cairan. Jika sudah begitu, maka masalah yang akan timbul adalah dehidrasi. Oleh karena itu, cukup kebutuhan cairan dalam tubuh dengan memperbanyak minum air putih pada malam hari.

Hay Perokok Aktif, Yuk Konsumsi Minuman Ini untuk Keluarkan Racun
Halaman:
  • Penulis: Ratna Wilandari

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita