10 Mei 2017 15:18 WIB

Cegah Serangan Hama Pada Tanaman Kakao, Ini Upaya BPTP Balitbangtan Aceh

Saat ini pihaknya sedang melakukan langkah sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan langkah bersama mencegah terjadinya penyebaran penyakit hama tanaman kakao Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Balitbangtan Aceh, Basri A. Bakar . (Jitunews/Siprianus Jewarut)

ACEH, JITUNEWS.COM- Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), Balitbangtan Aceh, Basri A. Bakar mengatakan bawa pada saat ini banyak upaya telah dilakukan oleh BPTP Balitbangtan Aceh guna menjaga produktifitas tanaman kakao di provinsi Aceh. Salah satu diantaranya pihak BPTP melakukan langkah penerapan teknologi guna memberantas hama tanaman kakao.

Puslit Koka Jember Targetkan 10 Juta Bibit untuk Pekebun

"Untuk mengatasi masalah penyebaran penyakit pada tanaman kakao, kami sudah lakukan penerapan teknologi pengusir hama tanaman, tetapi ruang lingkupnya hanya pada sentra tanaman kakao yang menjadi model percontohan dibawa BPTP," demikian kata Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian(BPTP), Balitbangtan Aceh, Basri A. Bakar Rabu (10/5).

Lebih lanjut, Ia mengatakan bahwa pada saat ini pihaknya sedang melakukan langkah sosialisasi kepada masyarakat agar melakukan langkah bersama mencegah terjadinya penyebaran penyakit hama tanaman kakao.


Program Strategis Pemerintah Mampu Tingkatkan Produksi Pangan

"Kami belum langsung menerapkan penerapan teknologi mencegah penyebaran penyakit ini di tingkat petani, karena membutuhkan biaya yang tidak sedikit, tetapi pilot projeknya kita sudah mulai lakukan," demikian katanya.

Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini luas lahan tanaman kakao di Aceh mencapai100 ribu hektar dan menyebar di beberapa daerah di Provinsi Aceh.

"Tidak semua daerah juga adaptif terhadap tanaman kakao, maka daerah-daerah yang produktif dengan kakao, kita tingkatkan potensinya," ujarnya.

Namun, Ia mengakui bahwa dari 100 ribu hektar lahan pertanian tanaman kakao tersebut saat ini produksinya mengalami penurunan yang cukup tajam, dampak dari serangan hama penyakit.

Penyakit yang banyak menyerang tanaman kakao adalah penyakit buah kakao (PBK), yang gejalanya buah kakao menjadi hitam.

Menurutnya adanya penyakit pada tanaman kakao tersebut merupakan dampak dari kurang telatennya petani kakao dalam menjaga dan merawat tanaman kakaonya.

"Banyaknya hama tanaman tersebut merupakan dampak dari belum adanya keseriusan petani dalam merawat tanaman kakao. Petani belum telaten dalam melakukan perawatan (dahan tanaman kakao tidak pernah di pangkas) oleh petani, pemupukan berimbang tidak dilakukan, maka dampaknya sangat mudah terkena hama penyakit," ujarnya.

Pada saat ini pihaknya mengajak masyarakat petani kakao di Aceh dengan memulai membuat kebun percontohan dengan perawatan yang intes dilakukan.

"Dengan adanya tanaman percontohan ini menjadi modal langkah sosialisasi kepada masyarakat untuk bisa merawat tanaman kakao sehingga produktifitasnya bisa terus meningkat,"tukasnya.

Presiden Minta Petani Fokus Garap Tanaman Pangan Unggulan

Penulis : Siprianus Jewarut, Aurora Denata

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi

Cerahnya Prospek Budidaya Ubi Jepang

15 Agustus 2017 11:45