4 Juli 2016 13:02 WIB

Cara Jitu Atasi Mata Perih Karena Cabai

Susu membantu menetralisir capsaicin yang terdapat pada cabai yang menyebabkan sensasi terbakar

Ilustrasi Cabai (google)

JAKARTA, JITUNEWS.COM – Mengalami mata perih akibat terkena cabai bisa terjadi kapan dan di mana saja. Terlebih ketika mendekati hari Raya Idul Fitri ini, ketika kebanyakan masyarakat memasak aneka makanan dengan menggunakan cabai sebagai bumbunya. Nah, saat menghadapi kondisi seperti ini, Anda tak perlu panik.

Pasalnya, ada beberapa cara jitu untuk meredakan kondisi tidak mengenakan seperti itu, seperti dilansir oleh laman Healthmeup beberapa waktu lalu.

1. Susu tawar


JKW Pilih Warna Ini Untuk Benda-Benda Kesayangannya, Apa Itu?

Ambil stok susu UHT di lemari es Anda lalu tuangkan beberapa tetes ke area mata yang kepedasan. Susu membantu menetralisir capsaicin yang terdapat pada cabai yang menyebabkan sensasi terbakar.

2. Handuk basah

Jika rasa sakit di area mata terus menghantui Anda, coba kompres area mata dengan tisu basah dingin sampai rasa pedas maupun bengkak berkurang. Namun sebelum melakukan hal itu, pastikan tangan sudah dicuci bersih dari zat-zat cabai.

3. Air dingin

Ini adalah cara terakhir untuk mengatasi mata perih karena cabai. Cabai mengandung minyak sehingga akan sulit dibersihkan dengan air sehingga perlu waktu agak lama untuk meredakan rasa perih. Nyalakan keran kemudian biarkan air mengalir membasuh area mata Anda. Pada awalnya Anda akan terasa sulit membuka mata, namun, kedipkan mata beberapa kali untuk mengeluarkan zat pedas cabai. 

Semoga tipsnya bermanfaat ya!

Baca! Ini Hal Sederhana yang Bikin Rumah Tangga Selalu Harmonis
Halaman:
  • Penulis: Riana

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita