4 April 2014 13:09 WIB

Cokelat Ternyata Cegah Obesitas

Ilustrasi makan cokelat (Ist.)

AMERIKA SERIKAT, JITUNEWS.COM - Coklat sering kali dianggap sebagai biang keladi bertambahnya berat badan, dan banyak pula yang menghindari terutama kaum hawa. Tapi apakah benar anggapan tersebut ? Sebuah penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry justru sebaliknya, antioksidan dalam cokelat dapat mencegah kenaikan berat badan dan bahkan dapat menurunkan kadar gula darah.

Dr. Andrew Neilson, sang peneliti mengatakan bahwa, kakao yang menjadi bahan dasar cokelat adalah salah satu makanan yang kaya akan flavanol, salah satu yang dapat membantu memerangi kenaikan berat badan dan diabetes tipe 2.

"Tapi tidak semua flavanol menguntungkan dan kandungan dalam kakao juga berbeda-beda,"ungkap Neilson, seperti dikutip Dailymail, Kamis (03/04).

Dr.Andrew Neilson dan timnya pun melakukan percobaan pada tikus, dan mendapatkan kenaikan berat badan dan kadar gula darahnya dapat ditekan dengan konsumsi cokelat gelap alias dark chocolate.

Dalam percobaan tersebut, tim peneliti memberi dua kelompok tikus. Satu diet tinggi lemak dan satunya rendah lemah. Pada kelompok tinggi lemak, mereka menambahkan satu senyawa yang dikenal sebagai procyanidins oligomer (PC). Senyawa ini menjaga berat badan tikus turun walau makan makanan tinggi lemak. Senyawa ini juga meningkatkan toleransi glukosa yang dapat berpotensi membantu mencegah diabetes tipe 2. "PC tampaknya memiliki sifat antiobesitas dan antidiabetes. PC ini jenis flavanol dalam kakao," ujar tim peneliti.

Sementara itu, para peneliti Louisiana State University merilis temuan yang menunjukkan dark chocolate dapat mengurangi tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung. Para peneliti mengatakan cokelat gelap menguntungkan karena caranya memfermentasi serat dalam biji kakao.

Maria Moore, sang peneliti mengatakan bahwa,"Kami menemukan ada jenis mikroba dalam usus, yang baik dan buruk"."Yang baik seperti Bifidobacterium dan bakteri asam laktat, pesta cokelat."

"Saat Anda makan dark chocolate, mereka tumbuh dan terfermentasi, menghasilkan senyawa yang antiinflamasi. Ini membentuk zat antiinflamasi alami yang masuk aliran darah dan membantu mencegah jantung dan pembuluh darah dari kerusakan," tutup Moore

 

Tujuh Makanan Pembangkit Gairah

Penulis : Tommy Ismaya, Tommy Ismaya

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


-
Komentar
Baca Juga
Berita Terkait

Steak Super di Super Steak

5 April 2014 07:00
Rekomendasi

Mommy Need Me Time, Just 10 Minutes

10 Januari 2018 09:52