23 Oktober 2014 16:53 WIB

Berwisata di Perkampungan Betawi Setu Babakan

Wisata budaya dengan sajian kuliner dan pertunjukkan seni khas Betawi.

ISTIMEWA

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Tempat wisata seakan sudah menjadi tempat yang langka di temukan di Jakarta. Sebagian besar lahan di Jakarta telah dibangun menjadi gedung perkantoran dan pusat perbelanjaan. Namun, diantara sibuk dan padatnya Jakarta, terdapat Setu Babakan, cagar budaya yang asri dan dapat dijadikan alternatif wisata budaya dan kuliner Betawi.

Wisata Setu Babakan berada di Srengseng Sawah Kecamatan Jagakarsa Jakarta Selatan.Tempat wisata khas Betawi ini berada di sebelah selatan Depok Jawa Barat. Di setu ini terdapat danau yang sumber airnya berasal dari Sungai Ciliwung dan sering digunakan memancing bagi warga sekitarnya.

Setu Babakan adalah sebuah kawasan perkampungan yang ditetapkan Pemerintah Jakarta sebagai tempat pelestarian dan pengembangan budaya Betawi secara berkesinambungan. Di perkampungan ini, masyarakat Setu Babakan masih mempertahankan budaya dan cara hidup khas Betawi,  memancing, bercocok tanam, berdagang, membuat kerajinan tangan, dan membuat makanan khas Betawi. Melalui cara hidup inilah, mereka aktif menjaga lingkungan dan meningkatkan taraf hidupnya.


Salurkan Hobi Memancing sambil Melihat Koleksi Tanaman Hias

Dari perkampungan yang luasnya 289 Hektar, 65 hektar di antaranya adalah milik pemerintah di mana yang baru dikelola hanya 32 hektar. Perkampungan  ini didiami setidaknya 3.000 kepala keluarga. Sebagian besar penduduknya adalah orang asli Betawi yang sudah turun temurun tinggal di daerah tersebut. Sedangkan sebagian kecil lainnya adalah para pendatang, seperti pendatang dari Jawa Barat, Jawa tengah, Kalimantan, dan lain-lain yang sudah tinggal lebih dari 30 tahun di daerah ini.

Cagar budaya yang diresmikan pada tahun 2004 atau bertepatan dengan ulang tahun ke-474 DKI tersebut berbentuk sebuah komplek pemukiman masyarakat Betawi dengan sebuah danau yang terletak di dalamnya. Pada bagian sekitar danau tersebutlah pusat dari tempat hiburan, dan jajanan di Setu Babakan terletak. Anda dapat menikmati suasana teduh dengan menikmati jajanan khas Betawi di pinggir danau.

Makanan khas Betawi yang banyak dijual di Setu Babakan diantaranya adalah kerak telor, dodol, dan bir pletok. Makanan khas Betawi tersebut dapat kita dijumpai disetiap jarak dua atau tiga meter. Untuk bir pletok, bisa kita dapatkan di warung-warung yang berjejer rapih di sepanjang pinggir danau. Selain makanan khas Betawi, berbagai makanan dan minuman lain juga bisa kita dapatkan di Setu Babakan, mulai dari bakso, mie ayam, es kelapa, hingga ketoprak.

Bagi Anda yang membawa anak-anak, di danau Setu Babakan terdapat wahana bebek air. Dengan membayar tidak sampai Rp 10.000,00 Anda sudah dapat menikmati wahana bebek air yang menyenangkan. Selain menikmati wahana, di setu Babakan juga sering diguynakan untuk tempat rekreasi seperti memancing, dan bersepeda.

Hal lain yang juga menjadi daya tarik dari Setu Babakan adalah pertunjukan seni dan budaya Betawi yang dihadirkan setiap hari Sabtu dan Minggu. Selama dua hari setiap minggunya, seni dan budaya Betawi secara bergilir ditampilkan. Salah satu yang menarik adalah pertunjukkan kesenian Lenong Betawi. Pertunjukkan Lenong yang lucu dan meriah dapat memberikan hiburan yang bernilai budaya dan pengetahuan dan budaya bagi Anda dan keluarga Anda.

 

Petik Strawberry Organik Di Sweetberry Agrowisata
Halaman:
  • Penulis: Hasballah

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita