Jitunews.Com
22 Oktober 2014 13:36 WIB

Cara Jitu Kenalkan Tanaman Herbal

Taman Herbal Bejo

JAKARTA TIMUR, JITUNEWS.COM-Tidak hanya bertujuan memperluas lapangan pekerjaan, kini sektor swasta mulai berperan aktif dalam pembangunan taman di Ibukota. Salah satunya adalah pendirian taman herbal bernama Taman Herbal Bejo. Berlokasi di Kawasan Pulogadung-Jakarta Timur, Taman Herbal Bejo dibangun oleh PT. Bintang Toedjoe, tepat di depan lokasi pabrik mereka.

Konsep taman ini adalah memanfaatkan lahan kosong untuk ruang hijau yang didominasi  nuansa tanaman herbal. Ada sekitar sekitar 107 jenis tanaman herbal yang secara berkala akan terus dikembangkan. Seperti Bandotan, Lidah Buaya, Sosor Bebek, dan Saga Ginseng Jawa. Selain tumbuhan herbal, taman ini juga ditamani beragam tanaman lain. Seperti Cabe Jawa, Jahe, Kunyit, hingga pohon bambu, buah Naga, dan Alpukat. Tujuan dari pembangunan taman ini sebenarnya untuk memasyarakatkan tanaman obat asli Indonesia yang khasiatnya sudah teruji oleh bangsa dan leluhur bangsa Indonesia.

Memasuki Taman Herbal Bejo, suasana rindang nan asri yang dihasilkan oleh jejeran pepohonan hijau santer terasa. Untuk menelusuri area taman ini, pengunjung dapat memanfaatkan jalan setapak,  sehingga dapat merasakan dan melihat langsung flora apa saja yang ada di taman yang sudah diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, Basuki Thahaja Purnama bulan Mei silam ini.



Salurkan Hobi Memancing sambil Melihat Koleksi Tanaman Hias

Di beberapa sudut taman juga terdapat spot-spot tempat pengembangbiakan beragam jenis tanaman. Mulai dari tempat pengembiakan tanaman berbentuk pot hingga area mini house yang terbuat dari bambu dan beratap jaring. Dan untuk menunjang kenyaman, Taman Herbal Bejo juga menyediakan beberapa sarana seperti toilet, musholla, dan gazebo sebagai tempat peristirahatan.

Selain di kawasan Pulogadung-Jakarta Timur, Taman Herbal Bejo juga didirikan di tempat lain yakni di kawasan Pulomas-Jakarta Timur dan Jl. Perintis Kemerdekaan-Jakarta Pusat. Untuk merawat semua jenis tanaman yang ada, pengelola taman harus intensif melakukan penyemprotan air serta pemupukan. Hal tersebut dikarenakan banyaknya jenis tanaman yang mudah layu jika kekurangan air. 

Petik Strawberry Organik Di Sweetberry Agrowisata
Halaman:
  • Penulis: Christophorus Aji Saputro, Hasballah

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita