Jitunews.Com
5 Oktober 2014 09:12 WIB

5 Cara Menunda Proses Penuaan Kulit

ilustrasi

 

Sebagai proses alami, kulit akan terlihat lebih kencang di usia belia. Namun semuanya berubah begitu memasuki usia 30 tahun. Kulit yang sebelumnya terlihat kencang mulai dihinggapi oleh kerut-kerut halus terutama di daerah garis senyum, hingga masalah vlek hitam. Anda tak perlu panik dengan perubahan seperti ini. Pasalnya, masalah kulit kendur ini dapat dicegah jika Anda melakukan perawatan sejak dini.

Dijelaskan oleh dr. Monita Adhiningsih, sebaiknya Anda mulai merawat kulit sejak dini, sejak pertama kali mendapatkan menstruasi. Saat menstruasi, biasanya hormon estrogen meningkat sehingga timbul jerawat. Jika tidak diatasi bisa menyebabkan kulit rusak. Rusaknya sel-sel di dalam kulit akan mempercepat proses penuaan kulit.



3 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Tanpa Cottun Bud

 

Lantas perawatan apa saja yang sebaiknya Anda lakukan? Berikut penjelasannya:

 

  1. Mengonsumsi makanan-makanan sehat. Agar kulit selalu tampak muda dan cerah, sebaiknya memperbanyak makanan-makanan sehat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan yang kaya akan vitamin dan antioksidan. Makanan yang banyak mengandung Vitamin C sangat bagus untuk mencerahkan kulit. Selain itu, untuk regenarsi kulit, Anda sebaiknya rajin mengonsumsi ikan-ikanan karena banyak mengandung protein dan dapat menghambat proses penuaan. Sementara junk food adalah makanan yang harus dihindari karena selain tidak sehat juga dapat mempercepat penuaan dini.
  2. Rajin mencuci wajah dan mandi. Mencuci wajah adalah hal wajib yang harus dilakukan setiap kali bangun tidur dan setelah beraktivitas di luar ruangan. Ketika bangun tidur wajah harus dibersihkan karena saat tidur produksi minyak pada wajah meningkat sehingga debu menempel dan menyumbat pori-pori kulit. Begitu pula setelah selesai beraktivitas di luar karena pada saat itu debu dan polusi menempel pada kulit. Pembersihan wajah yang harus dilakukan tidak cukup dengan mencuci wajah dengan sabun, tetapi sebaiknya menggunakan susu pembersih agar kotoran dan debu terangkat seimbang. Gunakan sabun dengan pH seimbang agar kulit tidak iritasi dan meminimalisasi produksi minyak. Sementara untuk kulit seluruh tubuh, sebaiknya Anda rutin mandi. Dengan mandi, tubuh akan segar, serta kulit terlihat kencang dan cerah. Sebaiknya gunakan sabun dengan pH seimbang atau sabun bayi, agar kulit Anda sehalus kulit bayi.
  3. Rajin Memakai krim atau lotion yang mengandung tabir surya. Karena iklim Indonesia tropis dan paparan sinar matahari sangat menyengat kulit, sebaiknya Anda melindungi kulit dengan menggunakan krim ataupun lotion yang mengandung SPF. Kandungan SPF yang terdapat dalam krim ataupun lotion tersebut dapat menangkal dan melindungi kulit dari efek negatif sinar UV matahari. SPF yang terdapat di dalam sunblock sebaiknya disesuaikan dengan kondisi kulit dan tempat Anda melakukan aktivitas. Untuk daerah panas seperti pantai sebaiknya menggunakan sunblock SPF 50, sedangkan untuk daerah yang beriklim biasa sebaiknya menggunakan sunblock SPF 15-30.
  4. Menghindari rokok dan minuman keras. Rokok mengandung nikotin dan apabila dibakar zat nikotin yang menguap itu dapat membuat kulit wajah menjadi kusam dan cepat keriput. Minum minuman keras beralkohol juga dapat membuat kulit menjadi cepat keriput dan kusam. Disarankan untuk menjaga kulit adalah rajin mengonsumsi air putih minimal delapan gelas sehari.
  5. Olahraga. Olahraga diperlukan untuk menjaga kesehatan. Olahraga juga dapat membuat kulit tampak kencang. Ketika berolahraga otot yang mengendur menjadi menegang kembali. Dengan menegangnya otot, kulit pun ikut tertarik sehingga kulit pun tampak terlihat kencang.

Perawatan-perawatan kulit di atas adalah perawatan yang rutin harus dilakukan sehari-hari. Jika rajin merawat kulit sejak dini, maka ketika memasuki usia 30 tahunan, kulit tampak kencang. Apabila tidak melakukan perawatan sejak dini, ketika muncul keriput Anda disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter kulit atau kecantikan.

Daun Ginseng dan Cabai Rawit, Ampuh Atasi Migraine
Halaman:
  • Penulis: Hasballah

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita