3 Oktober 2014 09:57 WIB

3 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Tanpa Cottun Bud

istimewa

JITUNEWS.COM- Telinga merupakan satu dari lima panca indera yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Tak lain karena fungsi telinga sebagai alat pendengar yang sangat berpengaruh, terutama saat berkomunikasi dengan orang lain. Mengalami gangguan pendengaran juga bisa membuat seseorang kehilangan kepercayaan diri. Karena itu, menjaga kebersihan telinga merupakan salah satu hal yang wajib dilakukan.

Kebiasaan masyarakat membersihkan telinga dengan cotton bud, merupakan salah satu kebiasaan yang salah. Dijelaskan oleh dr. Selfiyanti Bimantara, M.Kes., SpTHT-KL fungsi cotton bud sebenarnya untuk kecantikan, namun masyarakat lebih mengenal cotton bud berfungsi untuk membersihkan telinga. Penggunaan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga dapat membuat kotoran terdorong masuk ke dalam. Jika terlalu lama di dalam lubang telinga kotoran akan mengendap, mengeras, bahkan bisa membatu sehingga menyebabkan ganggu pendengaran.

Oleh karena itu membersihkan telinga, Anda bisa menggantikannya dengan 3 media lain peganti cutton bud


Daun Ginseng dan Cabai Rawit, Ampuh Atasi Migraine
  1. Air

Membersihkan telinga dengan menggunakan air adalah cara terbaik dan sehat untuk menghilangkan kotoran dalam telinga caranya sebelum anda mandi pastikan anda sudah menyiapkan air yang bersih campurkan dengan sedikit baby oil lalu usapkan pada telinga secara perlahan lahan dengan menggunakan kain tipis tapi perlu anda ingat jangan sampai air masuk kedalam lubang telinga yang paling dalam (air masuk dan tinggal mengendap pada gendang-gendang telinga).

  1. Kain Basah

Menggunakan sepotong kain basah dapat membantu menghilangkan kotoran telinga bagian luar, menurut dokter Ahli THT (Telinga Hidung dan tenggorokan) tidak higienis menghilangkan kotoran dalam lubang telinga, karena kotoran telinga yang yang berwarna coklat ke hitam-hitaman juga dapat berfungsi untuk menghambat masuknya serangga serangga kecil kedalam lubang telinga, jadi cukup denga cara mengunakan kain bersih yang sudah di basahi lalu di usapakan pada telinga yang bagian luar secara perlahan-lahan.

  1. Baby oil

Gunakan baby oil dengan cara penerapannya dengan meneteskan 2 sampai 3 tetes kedalam telinga, lakukan hal ini sebelum anda tidur malam, jadi keesokan harinya di saat kita terbangun dari tempat tidur segeralah bersihkan telinga anda dengan menggunakan handuk tipis atau alat pembersih telinga.

Lebih dari 20 Menit Berkendara Turunkan Gairah Seksual
Halaman:
  • Penulis: Hasballah

Penulis Suara Kita