Jitunews.Com
28 Maret 2014 16:48 WIB

8 Kota Dunia Dengan Kopinya Yang Terenak

Pada abad kelimabelas, bangsa Arab yang memulai pertama kali mengolah kopi menjadi minuman.

Pasangan ini sedang menikmati kopi.(Ist)

NEW YORK, JITUNEWS.COM - Pada abad kelimabelas, bangsa Arab yang memulai pertama kali mengolah kopi menjadi minuman. Dan pada tahun 1843 mesin pembuat espresso secara komersial memulai debutnya oleh bangsa Prancis seperti yang dilansir CNN.

Namun ada beberapa lompatan jauh ke depan pada masa itu. "Orang-orang lebih tertarik lagi mengenai dari mana biji kopi berasal, dan bagaimana mereka dipanen serta cara memanggangnya," ucap barista asal Selandia Baru yang memenangkan  kejuaraan Nick Clark of Welington's Flight Coffee.

Ia menambahkan, "Ada begitu banyak variabel yang dibutuhkan untuk memproduksi secangkir kopi saat ini, dan industri kopi telah berevolusi untuk memenuhi ekspektasi konsumen yang semakin meningkat."

Kota-kota penghasil kopi terbaik dunia tidak menciptakan kopi yang baik, tetapi sangat baik. Berikut kota-kota penghasil kopi terbaik dunia:

1.LONDON

Aussies and Kiwis, kedai kopi pertama yang dibuka di pusat kota, mengkhususkan diri pada kopi espresso. Beberapa produknya seperti Flat White dan Caffeine. Sejak saat itulah pada satu dekade yang lalu kedai-kedai kopi lainnya mulai bermunculan.

"Jalan London masih begitu panjang dalam perkembangan layanan kafe, namun dalam lima tahun terakhir terjadi begitu banyak pertumbuhan, yang di mana ini tetap menjadi bagian sesuatu yang amat luar biasa," kata Estelle Bright, kepala bartender di London's Caravan.

"London masih dikuasai oleh Flat White Craze, akan tetapi Cappuccino masih sama populernya, " kata Bright. London memiliki dua menu lokal terfavorit yaitu, Flat White dan Cappuccino. Kedai terkenal terdapat di bagian timur London di mana tingkat konsentrasi tinggi bagi kedai-kedai kopi dan kafe-kafe seperti Allpress, Climpson & Sons dan Caravan.



2.MELBOURNE

"Di Melbourne, budaya minum kopi memiliki tingkatan cukup luar biasa, " ujar Pete Lecata juara barista dunia, yang berasal dari Amerika Serikat. Melbourne menjadikan Piccolo Latte menu favoritnya.

Sementara Latte, Cappuccino dan Flat White semakin popular. Piccolo Latte yang terbuat dari sedikit susu sehingga espressonya lebih terasa kuat menjadikan hari yang pas untuk minum kopi. "Untuk pengkategorian kedai kopi terkenal di Melbourne sangat sulit, karena hampir bisa dibilang sangat sulit untuk menemukan secangkir kopi yang tidak enak di kota itu, " ujar Licata.

Tetapi untuk menikmati kopi termurni, anda bisa ke utara Melbourne yaitu Axil Coffee House Rousters di daerah Hawthorn dan Dead Man Espresso di selatan Melbourne.

3.REYKJAVIK, Islandia

Setelah bangsa Belanda, bangsa Skandinavia merupakan urutan tertinggi mengkonsumsi kopi per kapita di dunia. Sementara bangsa Finlandia juga terbanyak mengikuti bangsa Skandinavia. Namun bangsa Islandia juga penggila kopi.

"Beberapa waktu yang lampau, kafe-kafe di Reykjavik lebih fokus menjual makanan," ungkap Kristin Thora, seorang barista di Icelandic Institution Kaffitar dan juara pertama national cupping.

Kemudian, sekitar 25 tahun yang lalu, orang-orang mulai peduli mengenai bagaimana kopi mereka dihidangkan. Seiring jatuhnya raksasa kopi komersial Islandia, usaha kecil memiliki kesempatan untuk berkembang. Dan sekarang kamu akan susah untuk tidak melewati kedai kopi jika kamu berjalan beberapa blok di kota ini.

Menu lokal favorit adalah Latte dan Cappuccino. "Kopi drip termasuk yang popular untuk kopi rumahan, tetapi masyarakat Islandia cenderung lebih suka pergi ke kedai kopi untuk minum kopi yang berbasis Espresso," kata Thora.

Ada tujuh kedai kopi dan pemanggang biji kopi terkenal di kota Reykjavik, berikut nama-namanya. Kaffitar adalah kedai kopi yang paling mengerti akan keterikatan masyarakat Islandia dengan kopi. Stofan dan Kaffismidja merupakan favorit para hipster.

4.ROMA

Minum kopi merupakan bagian dari kebudayaan Italia. Akan jarang ditemui pada warga lokal yang tidak meminum kopi. Percaya atau tidak, dalam menemukan Espresso yang layak minum itu menjadi hal yang tidak selalu mudah. Menurut kritikus, Italia telah mengadopsi teknik barista modern.

Roma menjadi rumah bagi para barista terbaik nasional. Roma juga menjadi tempat tujuan terbaik untuk secangkir kopi yang berkualitas dengan menu lokal favoritnya Espresso. Para penikmat kopi menyatakan, kopi susu hanya nikmat dikonsumsi pada saat sarapan.

Berikut kedai-kedai kopi terkenal di kota ini, kedai kopi Rosati di Piazza del popolo, Saint' Eustachi di Pantheon dan kedai yang cukup ramai, Giolitti beberapa blok dari air mancur Trevi.



5.SINGAPURA

Setelah Roma kini kita beralih ke kota di Singapura. "Kopi selalu menjadi bagian integral dari kehidupan Singapura,” kata Jovena Loon dari Café Hopping Singapura. "Warga telah menjadi begitu terobsesi dengan seni Latte yang telah menjadi kriteria dasar untuk sebuah kafe yang baik."

Beberapa menu lokal adalah Latte, Mocha dan Cappuccino. Kedai-kedai kopi terkenalnya yaitu, Jovena yang paling direkomendasikan para warga pendatang di pecinaan, Dutch Colony di pasar Bella dan Bukit Timah serta Chye Seng Huat Hardware di pemukiman Little India.

6.SEATTLE

Jika ada kota di Amerika yang konsisten dalam soal kopi, Seattle-lah kota itu. The Green Mermaid hanya sebagian kecil dari tempat-tempat minum kopi dalam kota. "Kopi merupakan minuman yang mencerahkan bagi kami warga Seattle," kata Joshua Boyt, dari Victrola Coffee Roasters, salah satu kafe terbaik untuk penggila kopi di kota ini.

"Terjadi gairah terhadap produk kopi. Apalagi banyak toko kopi di seluruh kota, yang telah menciptakan peningkatan budaya secara terus-menerus melalui kompetisi dan persahabatan," tambah Joshua.

Seattle memiliki menu lokal favorit, yaitu Espresso dan Cappuccino. Beberapa kedai kopi terkenalnya, Victrola Coffee Roasters di Capitol Hill, Empire Espresso di daerah Columbia City dan Seattle Coffee Works semua terletak di tengah kota dan hampir semuanya ramai.

7.WINA

Kita beranjak ke Wina, Austria. Mereka seperti bagian penting dari budaya Wina bahwa rumah kopi di kota ini terdaftar oleh UNESCO pada tahun 2011 sebagai warisan budaya bukan benda. Namun para pecinta kopi modern seperti blogger kopi di Wina, Lameen Abdul Malik dalam blognya From Coffee With Love, mengakui, di lembaga-lembaga negara di area umum seperti, ruang tamu di mana orang datang meminum kopi sambil mengobrol, membaca koran dan makan strudel.

"Sejak Wina menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Barista tahun 2012, dan kedai kopi independen mulai membuka gaya baru, kualitas minuman Espresso terus membaik," kata Abdul Malik.

Menu lokal favorit kota ini adalah Espresso dan Cappuccino menjadi gaya baru kafe di kota Wina. Abdul Malik merekomendasikan kedai kopi Cafe Couture, Essenti dan Coffee Pirates dan Demel, kedai kopi yang menghidangkan kopi tradisional dan kue yang luar biasa.



8. WELLLINGTON

Dan kota produsen kopi terenak di dunia berada di Selandia Baru adalah Wellington. Bila kopi White Flag dapat ditemukan di mana-mana di kota Sydney, di Wellington minuman itu disempurnakan di mana itu menjadi minuman nasional tidak resmi bagi masyarakat Selandia Baru.

"Wellington benar-benar memahami kopi mereka, dan seluruh kota memiliki standar yang sangat tinggi dalam menghidangkannya," kata Clark. "Wellington merupakan kota kecil, ada banyak interaksi antara konsumen dan para profesional kopi yang membantu meningkatkan pertumbuhan industri ini," tambah Clark.

Menu lokal favorit di kota Wellington yaitu Flag White. Susah menemukan kopi yang rasanya tidak enak di Selandia Baru. Di kota ini kita bisa menemukan kedai-kedai kopi terbaik seperti Flight Coffee Hangar, Memphis Belle dan Lamason Brew Bar.


 Tujuh Makanan Pembangkit Gairah
Halaman:
  • Penulis:

Baca Juga

 

Rekomendasi

 

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita