Jitunews.Com
22 Juni 2015 00:00 WIB

Ingin Menanam Bawang Putih? Beragam Varietas Ini Bisa Anda Jadikan Pilihan

Sampai saat ini Indonesia masih mengimpor bawang putih

Pertanyaan :

Apakah bisa bawang putih ditanam di daerah dataran rendah ? Kalaupun bisa varietas bawang putih apa saja yang cocok ? 

Sugeng, Yogyakarta 

Jawaban :



Kunci Sukses Budidaya Ulat Sutera, Cek di Sini...

JAKARTA, JITUNEWS.COM- Berbicara soal bawang, tak hanya si merah saja yang dibutuhkan oleh masyarakat, tetapi juga si putih alias bawang putih. Bahkan, permintaan terhadap komoditas ini selalu mengalami peningkatan. Namun saja, peningkatan permintaan tersebut tidak bisa terpenuhi semua bila mengandalkan pasokan dalam negeri. Alhasil, pemerintah pun melakukan impor. 

Adapun beberapa masalah yang dihadapi beberapa petani bawang putih antara lain, terbatasnya jumlah petani yang membudidayakan bawang putih karena keterbatasan varietasnya. Parahnya lagi, saat ini varietas bawang putih yang tersedia hanya cocok untuk ditanam di daerah yang berada di kawasan dataran tinggi (> 800 meter di atas permukaan laut). Nah, sebenarnya adakah varietas bawang putih yang bisa ditanam di area dataran rendah ? 

Berdasarkan informasi yang dirangkum jitunews, ternyata ada beberapa varietas bawang putih yang bisa ditanam di area dataran rendah. Setidaknya ada 4 varietas bawang putih yang bisa Anda andalkan.

1. Lumbu Putih
Daerah yang pertama mengembangkan varietas ini adalah Yogyakarta. Umbinya berwama putih. Umbi memiliki berat sekitar 7 g dengan diameter 3-3,5 cm, jumlah siung per umbi 15-20 buah. Daun berukuran sempit, lebarya kurang dari 1 cm. Posisi daun tegak dan produksi rata-ratanya 4-7 ton/ha.

2. Jati Barang
Varietas ini banyak dikembangkan di daerah Brebes, Jawa Tengah. Umbinya berwarna kekuningan tetapi kulit luamya tetap putih. Umbi agak kecil dengan diameter sekitar 3,5 cm. Sebuah umbi memiliki berat sekitar 10-13 g. Jumlah siung terdiri ari 15-20 buah dan rata-rata produksinya antara 3-3,5 ton/ha.

3. Bagor Varietas
Varietas ini berasal dari Nganjuk, Jawa Timur. Kulit umbinya putih buram berdiameter 3-3,5 cm. Umbinya berwama kuning. Bentuk umbi agak lonjong. Berat sebuah umbi hanya 8-10 g dengan jumlah siung 14-21 per umbi. Dari satu hektar lahan dapat dihasilkan 5-7 ton bawang putih.

4. Sanur
Bawang putih varietas sanur banyak dikembangkan di Pulau Dewata, Bali. Umbinya berukuran besar, berdiameter 3,5-4 cm. Sebuah umbi memiliki berat 10-13 g. Selubung kulit berwarna putih, umbinya sendiri berwarna kuning. Susunan siung pada umbi tidak teratur dengan jumlah siung per umbi 15-20 buah. Hasil umbi yang dapat dipanen sekitar 4-6 ton/ha. (Sumber : produknaturalnusantara)   

Semoga bermanfaat...

Ingin Hasilkan Beras Analog? Ini Langkah Mudahnya!
Halaman:
  • Penulis: Christophorus Aji Saputro

Berita Terkait

 

Penulis Suara Kita