3 April 2015 14:10 WIB

5 Tips Sehat Menyantap Daging Panggang

Hindari memanggang daging tinggi lemak, seperti tulang iga dan sosis Ilustrasi

JAKARTA, JITUNEWS.COM - Daging panggang atau barbeque adalah sajian lezat yang disukai banyak orang, karena cita rasanya yang khas dan gurih. Namun, jika pengolahannya tidak benar, masakan yang lezat itu bisa mendatangkan berbagai penyakit. Berikut ini beberapa tips sehat menyantap daging panggang :

Aktivitas Padat? Lakukan 7 Hal ini

1. Pilih daging dengan tepat
Pilihlah daging yang tanpa lemak, dan hindari memanggang daging tinggi lemak, seperti tulang iga dan sosis. Lemak yang terjatuh dalam pembakaran akan menambah besar api, yang membuat daging cepat hangus.

2. Gunakan Bambu
Penggunaan bambu Pada daging panggang dapat mengurangi kesempatan terbentuknya senyawa yang berbahaya, dan menambah cita rasa daging.

3. Kurangi waktu memanggang
Sebaiknya, daging diolah terlebih dulu hingga setengah matang, baru kemudian dibakar. Hal itu bisa menghemat waktu pemanggangan, selain juga lebih sehat. Membakar daging terlalu lama dapat membentuk senyawa berbahaya.

4. Potong dalam ukuran kecil
Memanggang daging berukuran kecil-kecil tentu lebih cepat matang disbanding memanggang daging dalam ukuran besar-besar. Karena itu, potonglah daging dalam ukuran kecil dan tipis, yangb akan membuat daging lebih cepat matang secara merata. Selain itu, yang juga tidak boleh dilupakan, balik-baliklah daging setiap menit agar tidak hangus.

5. Pertimbangkan sayuran
Jangan lupa sajikan buah dan sayuran untuk member antioksidan pada tubuh. Sayur dan buah juga berfungsi mengimbangi kadar lemak dari daging panggang yang akan dikonsumsi.

 

Yakin, Para Pengidap Kanker Tak Boleh Makan Daging?

Penulis : Suciati, Hasballah

Dapatkan update berita Jitunews.com via Email, klik di sini!


Komentar
Baca Juga
Berita Terkait
Rekomendasi

Jauhkan Cemilan Kala Nonton Film Sedih

20 September 2017 16:27